Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Set Top Box Sebabkan Overheat dan Meledak, Kok Bisa?

Senin, 05 Des 2022 - 15:29 WIB
Ilustrasi kasus set top box meledak di Serang (Foto: istock)
Ilustrasi kasus set top box meledak di Serang (Foto: istock)

Set Top Box (STB) kini menjadi barang yang paling dicari oleh banyak orang sejak TV Digital mulai beroperasi. Baru-baru ini, viral dugaan Set Top Box meledak di sosial media. Kabarnya, STB ini meledak karena terlalu sering digunakan, sehingga menyebabkan panas kemudian menimbulkan percikan api.

Belum lama ini, Set Top Box TV meledak di rumah salah seorang warga yang tinggal di Kabupaten Serang, Banten. Mengutip dari Tribun Banten, STB milik Tuajah tiba-tiba meledak pada Senin lalu (21/11/2022). Kejadian tersebut lantas membuat Tuajah menjadi trauma. Ia khawatir kejadian serupa akan terulang kembali.

Kejadian tersebut kemudian viral di media sosial. Beberapa kemungkinan bisa menjadi penyebab terjadinya ledakan pada set box digital ini.  Dan faktor penyebabnya sebetulnya bukan karena STB itu digunakan dalam waktu lama.

Penyebab Set Top Box Meledak

Masyarakat kemudian bertanya-tanya, apakah yang menyebabkan Set Top Box TV bisa meledak? Berikut adalah beberapa dugaan penyebab yang dirangkum dari beberapa sumber;

Baca juga
Perang Rusia-Ukraina Berdampak Tak Langsung pada Perekonomian Indonesia

1. STB Tidak Dimatikan Saat Listrik Padam

Penyebab yang satu ini sering kali tidak kita sadari. Set Top Box yang tidak dimatikan saat listrik padam, bisa membuat berbagai barang elektronik yang menempel pada stop kontak menjadi korsleting. STB yang konslet tidak bisa menampilkan gambar, menangkap sinyal satelit bahkan bisa sampai meledak jika sering berulang.  Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan cabut ketika listrik dalam kondisi padam atau saat TV sedang tidak digunakan, sehingga STB awet digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Jaringan listrik tanpa grounding

Grounding atau pertanahan atau yang sering disebut dengan Arde ialah sebuah jalur kabel tersendiri yang dipasang pada instalasi listrik rumah menuju titik pertanahan (bumi) dan tidak menyambung secara langsung dengan kabel-kabel lainnya di instalasi listrik tersebut. Tujuannya biasanya adalah untuk membuang aliran beban listrik yang terlalu besar ataupun juga sengatan petir.

Baca juga
Secuil Kisah Elizabeth II, Intervensi Vonis Soebandrio Kunjungi Indonesia atas Undangan Ibu Tien

Namun beberapa rumah di Indonesia apalagi yang sudah menggunakan listrik token biasanya sudah tidak lagi menggunakan grounding listrik. Ketiadaan grounding listrik di rumah, bisa mengakibatkan over kapasitas listrik yang kemudian merusak beberapa Komponen alat elektronik. Halinilah yang bisa menjadi salah satu penyebab meledaknya Set Top Box.

3. Dekat dengan Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik yang mudah menghantarkan panas, sebaiknya ditempatkan yang jauh dari STB. Hal ini dapat mengganggu frekuensi sinyal dan membuat STB menjadi cepat panas. Hal ini juga membuat STB tidak awet dan cepat rusak. Sebagai pencegahan, hindari penyimpanan STB di dekat peralatan elektornik, misalnya tidak meletakka STB diatas kulkas.

4. Menyalakan TV Saat STB Dalam Kondisi Off

Jika ingin STB dan TV dalam keadaan baik, hindari menggunakan TV Digital ketika STB dalam keadaan off. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan bagian dalam STB, yang menjadi panas dan berpengaruh pada perangkat. Selain itu, STB yang jarang dibersihkan juga bisa mengganggu kinerja mesin yang juga berakibat pada kerusakan STB.

Baca juga
Viral Kebiasaan Asnawi Mangkualam Pimpin Timnas Indonesia Sambil Berdzikir

5. Kualitas STB

STB memiliki harga yang beragam, mulai dari harga Rp150.000 sampai Rp500.000, tentunya dengan kualitas yang berbeda pula. Membeli STB abal-abal bisa membuat TV meledak jika terlalu lama digunakan. Dalam membeli STB, perlu memperhatikan kualitas barang dan perusahaan penyedia alat tersebut agar STB dan TV tidak mudah rusak.

Tinggalkan Komentar