Setelah GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, Kini Bakal Bertambah Tiktok Kitchen

Tiktok Kitchen - inilah.com
Tiktok Kitchen

TikTok bermitra dengan Virtual Dining Concepts (VDC) untuk meluncurkan TikTok Kitchens. Perusahaan teknologi asal Cina ini pun menyediakan layanan pesan-antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan Shopeefood.

Anak usaha Bytedance itu dan VDC dilaporkan akan membuka sekitar 300 gerai di Amerika Serikat (AS). Kemudian diperluas sekitar 1.000 lokasi pada akhir 2022.

TikTok Kitchens akan beroperasi dari restoran yang sudah ada, termasuk rantai yang dimiliki oleh salah satu pendiri VDC Robert Earl, seperti Buca di Beppo dan Bertucci’s. Ini pada dasarnya merupakan cloud kitchen atau dapur hantu.

Cloud kitchen adalah konsep restoran berbasis teknologi komputasi awan (cloud). Pengguna hanya bisa memesan makanan dan minuman secara online, sehingga tidak bisa makan di tempat.

Baca juga  Hyundai Creta Meluncur di GIIAS 2021, Simak Spesifikasi dan Harganya

Sedangkan pada bagian deskripsi VDC tentang layanan, TikTok Kitchens akan menggunakan dapur dan karyawan restoran yang sudah ada. Namun, akan memberikan pelatihan, pengemasan makanan yang berbeda, dan resep.

Tiktok Kitchens Food Samples.5 - inilah.com
Tiktok Kitchens

Menu akan diubah setiap tiga bulan, karena makanan dan minuman yang dibuat sesuai tren. Bloomberg melaporkan, menu awalnya yakni feta pasta panggang yang viral.

Feta pasta panggang itu bakal terdiri dari potongan jagung goreng yang dikenal sebagai iga jagung, keripik pasta berlapis keju yang renyah, serta burger yang dihancurkan. Pencipta yang mengilhami resep ini akan menerima sebagian dari hasil penjualan.

“Kreator akan menerima kredit untuk hidangan dalam menu dan akan ditampilkan secara menonjol selama promosi,” kata Juru Bicara TikTok Elena Saavedra dalam pernyataan dikutip dari The Verge, Senin (20/12).

Baca juga  Tak Ada Penyekatan di Jakarta Saat Natal dan Tahun Baru

“Untuk lebih jelasnya, ini adalah kampanye untuk membawa makanan (yang viral di) TikTok ke penggemar, bukan usaha ke bisnis restoran,” kata dia.

Tinggalkan Komentar