Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Setelah Isu Diawasi AS, Shopee dan Tokopedia Komit Berantas Produk Palsu

Rabu, 23 Feb 2022 - 14:57 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
AS Shopee dan Tokopedia - inilah.com
Foto Riset

Tiga e-commerce yang beroperasi di Indonesia ternyata masuk dalam daftar Notorious Market Amerika Serikat (AS). Daftar tersebut dikeluarkan oleh perwakilan dagang negara itu atau United States Trade Representative (USTR).

Menanggapi hal tersebut, Tokopedia mengatakan, terkait dugaan pihak AS adanya barang palsu yang diperdagangkan, pihaknya tentu menindak tegas penjual atau seller di platform miliknya.

VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak menyebut, Tokopedia akan melakukan tindakan tegas untuk penyalahgunaan platform yang melanggar hukum.

“Tokopedia menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan/atau pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia,” ujar Nuraini saat dihubungi Inilah.com, Rabu (23/02).

Baca juga
Cara Mengaktifkan Gopay di Tokopedia

Mengenai adanya barang palsu yang beredar di Tokopedia, menurut dia, pemilik hak atau pembeli bisa melaporkan pelanggaran ke dalam tautan yang disediakan.

Ia menjelaskan, meski Tokopedia bersifat UGC yang di mana penjual dapat menjual atau mengunggah produk secara mandiri, aksi kooperatif juga harus dilakukan.

“Hal ini tentunya untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia agar tetap sesuai dengan hukum yang berlaku,” jelas Nuraini.

Sementara itu,  Juru bicara Shopee Indonesia menyatakan, tegas melarang penjualan barang bajakan di platform mereka, juga menerapkan berbagai kebijakan dan prosedur yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencegah pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Baca juga
Tokopedia Rangkum Tren Belanja di Jakarta Sepanjang Kuartal I-2022

“Shopee berkomitmen teguh untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan melawan pembajakan. Kami dengan tegas melarang penjualan barang bajakan di platform kami,” tulis keterangan resmi Shopee Indonesia yang diterima Inilah.com, Rabu (23/02)

Shopee Indonesia menegaskan, pihaknya juga menerapkan berbagai kebijakan dan prosedur yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencegah pelanggaran hak kekayaan intelektual.

“Dan kami terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas inisiatif perlindungan merek kami untuk memberikan pengalaman yang aman dan nyaman bagi pembeli dan penjual Shopee,” tulis pernyataan resmi Shopee Indonesia.

Tinggalkan Komentar