Selasa, 09 Agustus 2022
11 Muharram 1444

Setelah Latihan Perang Bersama yang Bikin China Marah, Kini AS Hibahkan 1,5 Juta Dosis Moderna ke RI

Rabu, 08 Des 2021 - 11:46 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Setkab.go.id - inilah.com
Setkab.go.id

Pemerintah Amerika Serikat menghibahkan 1,5 juta dosis vaksin Moderna kepada Indonesia. Hibah ini bagian dari donasi vaksin berkelanjutan melalui kemitraan dengan COVAX, Pemerintah Indonesia, dan UNICEF.

“Dosis vaksin yang aman dan efektif ini akan menyelamatkan jiwa dan membantu melindungi masyarakat Indonesia dari COVID-19,” kata Kedubes AS di Jakarta dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu (8/12/2021).

Secara bilateral, sampai saat ini Amerika Serikat telah menyumbangkan 18,4 juta dosis vaksin COVID-19 kepada Indonesia.

Selain memberikan vaksin, AS melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya untuk memperkuat program vaksinasi di Indonesia dengan mendukung penambahan lokasi vaksinasi, pelatihan tenaga kesehatan untuk memberikan vaksin, dan melawan misinformasi tentang vaksin.

Baca juga
Pemerintah Kembali Tegaskan Vaksin Dosis Ketiga Hanya untuk Nakes

Hingga saat ini, lebih dari 3.400 vaksinator yang didukung USAID di 768 klinik keliling dan sementara telah memvaksinasi lebih dari 1,1 juta orang Indonesia dalam melawan COVID-19.

Sejak pandemi, AS berkomitmen menyediakan dana lebih dari 77 juta dolar AS (sekitar Rp1,1 triliun) untuk mendukung Indonesia dalam menangani COVID-19. Dana itu merupakan tambahan lebih dari 1 miliar dolar (14,3 triliun) dalam bentuk bantuan bidang kesehatan selama dua dekade terakhir.

Amerika Serikat, kata Kedubes AS, bekerja sama dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus COVID-19, meningkatkan kemampuan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas respons cepat, serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dan orang lain.

Baca juga
Dalam Kunker Jokowi, Kementan Pastikan Sagu dan Kelapa Terus Dikembangkan

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 165 juta orang di Indonesia — 60 persen dari keseluruhan penduduk.

Amerika Serikat telah membantu sekitar 44.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia.

Kedubes juga menyampaikan bahwa AS berkomitmen untuk terus bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menyelamatkan jiwa dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman.

Seperti diketahui, Indonesia juga merencakanan melakukan vaksin booster untuk masyarakat. Vaksin ketiga itu direncanakan gratis untuk 100 juta rakyat.

Selain vaksin, hubungan mesra Indonesia-AS juga terjalin di bidang militer. RI-AS beberapa waktu lalu juga sempat menggelar latihan bersama di Laut Natuna Utara. Latihan ini bahkan membuat China marah.

Baca juga
Susunan Pengurus APJII Periode 2021-2024 Resmi Diumumkan

Melalui komunikasi diplomatik-nya, China memprotes latihan militer tersebut karena dilakukan di laut yang diklaim menjadi wilayah China. Kemudian China juga memprotes aktivitas pengeboran minyak Indonesia di laut Natuna Utara.

Tinggalkan Komentar