Jumat, 01 Juli 2022
03 1444

Shin Tae-yong Optimistis Tahun Depan Indonesia Siap Bersaing dengan Jawara Asia

Jumat, 17 Jun 2022 - 09:10 WIB
Shin Tae-yong Optimistis Tahun Depan Indonesia Siap Bersaing dengan Jawara Asia
Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis menatap Piala Asia 2023 karena yakin skuadnya dapat bersaing di turnamen tersebut.

Hal itu disampaikan usai Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik.

“Mental dan fisik pemain terus membaik. Para penggemar bisa melihat itu secara langsung. Kami pun akan kedatangan pemain naturalisasi yang membuat tim lebih kuat dari pada saat ini,” ujar Shin di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyadari Piala Asia 2023 tidak akan mudah bagi skuadnya karena kualitas lawan jauh lebih baik daripada saat kualifikasi.

Baca juga
Shin Tae-yong Ingin Tantang Vietnam di Final SEA Games 2021

Akan tetapi Coach Tae-yong tak pernah ragu dengan para pemainnya. Dia bahkan yakin, dengan menjalani latihan keras dan pertandingan-pertandingan uji coba, skuad Garuda dapat sekelas dengan tim-tim tangguh lain di Asia.

Timnas punya waktu satu tahun untuk melakukan peningkatan kualitas fisik, mental dan strategi bermain sebelum menghadapi raksasa-raksasa Asia di putaran final tahun depan.

PSSI, mulai dari ketua umum hingga staf membantu dan mendukung penuh timnas. Itu membuat timnas saat ini sangat berkembang ke arah yang positif,” tutur Shin.

Indonesia mengunci slot di Piala Asia 2023 lantaran berhasil merebut status sebagai salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup yang ada di putaran ketiga kualifikasi.

Baca juga
4 Alasan Timnas U-23 Batal Ikuti Ajang Piala AFF

Dengan demikian, Indonesia sudah mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia. Sebelumnya, skuad Garuda berkompetisi pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Nantinya, di Piala Asia 2023, timnas Indonesia kemungkinan besar dapat diperkuat para pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Jordi dan Sandy sebenarnya direncanakan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi tak terjadi lantaran pewarganegaraan mereka belum tuntas.

Tinggalkan Komentar