Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Shin Tae-yong Sebut Jadwal Padat Piala AFF U-19 Bikin Pemainnya Menderita

Sabtu, 09 Jul 2022 - 09:20 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menyalami pemain usai laga Indonesia vs Filipina, Jumat (08/07/2022) malam (Foto inilah.com)
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menyalami pemain usai laga Indonesia vs Filipina, Jumat (08/07/2022) malam (Foto inilah.com)

Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengatakan bahwa jadwal padat Piala AFF U-19 buat para pemainnya menderita.

Sejak mulai bergulir 2 Juli 2022 silam, kontestan Piala AFF U-19 termasuk Indonesia sudah dihadapkan dengan agenda pertandingan dua hari sekali. Praktis, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan hanya memiliki jeda sehari sebelum akhirnya kembali merumput di laga lanjutan.

Menurut Shin Tae-yong, hal ini sejatinya membahayakan bagi kebugaran pemain. Terlebih di dua partai terakhir, para penggawanga Garuda Muda banyak mengalami keram hingga harus berjatuhan di lapangan.

“Jadi seperti mungkin apa yang dilihat di lapangan, cuacanya sangat panas dan 2 hari sekali tanding itu sangat bahaya bagi pemain. Harusnya 3-4 hari sekali, itu sangat baik untuk meningkatkan performa pemain,” kaya Shin Tae-yong usai laga kontra Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022).

Baca juga
Siwi Widi Sudah Komunikasi dengan KPK Bahas Uang Rp647 juta

Jadwal padat plus suhu panas Kota Bekasi jadi momok menakutkan bagi pemain. Terbukti, Shin Tae-yong kehilangan satu pemain andalannya, Marselino Ferdinan yang terpaksa angkat koper lebih cepat di AFF U-19 lantaran cedera yang mendera sang pemain.

“Main 2 hari sekali dan juga suhunya 28-30 serajat, itu yang buat pemian menderita. Tapi mujur, dengan mental pemain, kami bisa memepertahankan dengan baik,” imbuh Shin.

Mensiasati jadwal padat, pelatih berpaspor Korea Selatan hampir merotasi semua pemainnya di pada pertandingan keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 kontra Filipina, Jumat.

Shin mengganti sebanyak sembilan pemain utama yang sebelumnya berjibaku kontra Thailand di game ketiga.

Baca juga
100 Ribu Jemaah Hadiri Tabligh Akbar Muktamar Muhammadiyah ke-48 Bersama UAH

Hanya tiga nama yang kembali jadi pilihan Shin dalam sebelas pertama kontra Gajah Perang yakni kiper Cahya Supriadi, bek Marcell Januar dan gelandang Ferdiansyah Cecep.

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi delapan poin dari empat laga (selisih gol 11).

Skuad Garuda Nusantara wajib menang di laga pamungkas kontra Myanmar demi meraih satu tiket lolos ke semifinal. Duel Indonesia versus Myanmar bakal berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022).

Tinggalkan Komentar