Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Tidak Takut Hadapi Vietnam

Indonesia Vietnam
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (dok. PSSI)

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menegaskan bahwa skuadnya tidak gentar melawan Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021).

“Kami tidak takut melawan Vietnam. Selama percaya diri, kami bisa melakukan yang terbaik,” ujar Shin dalam konferensi pers usai laga antara Indonesia versus Laos yang menangkan oleh skuad Garuda dengan skor 5-1.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengakui bahwa Vietnam adalah tim tangguh. Anak-anak asuh pelatih Park Hang-seo dinilai Shin merupakan calon kuat juara Piala AFF 2020.

Vietnam pun belum terkalahkan dari dua laga Grup B. Di pertandingan pertamanya mereka menundukkan Laos dengan skor 2-0, dan terkini, membungkam tim kuat lainnya Malaysia 3-0.

Baca juga  Modal Penting Timnas Jelang Laga Versus Vietnam

“Vietnam menurut saya tim terkuat di turnamen ini dan calon juara turnamen,” kata Shin.

Sementara itu, pemain sayap timnas Indonesia Irfan Jaya juga sepakat dengan pernyataan sang pelatih soal Vietnam.

Bagi Irfan, tak ada tim yang tak bisa dikalahkan dan karena itulah skuad Merah-Putih selalu optimistis, pantang kalah sebelum bertanding.

“Vietnam tim yang bagus. Namun, tidak yang tidak mungkin selama kami bermain baik,” tutur pesepak bola berusia 25 tahun itu.

Vietnam nyaris selalu menjadi momok bagi timnas Indonesia sejak lebih dari dua dekade.

Dalam dua tahun terakhir, di level senior, Indonesia selalu kalah dari Vietnam tepatnya ketika bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dua kali bersua, Indonesia takluk 1-3 dan 0-4.

Baca juga  Raih 8 Titel Juara, 2021 jadi Tahun Dechapol/Sapsiree

Di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan enam poin dari dua laga. Vietnam memiliki poin yang sama, tetapi duduk di peringkat satu lantaran unggul dalam agresivitas gol.

Malaysia bertengger di tempat ketiga dengan enam poin dari tiga pertandingan, lalu berturut-turut ada Kamboja dan Laos di posisi keempat serta kelima dengan nirpoin.

Tinggalkan Komentar