Selasa, 28 Maret 2023
06 Ramadhan 1444

Siapa Pangeran Saud Al-Shaalan yang Ancam Lancarkan Jihad ke Barat?

Senin, 17 Okt 2022 - 21:50 WIB
Pangeran Saud Jihad
(ist)

Pangeran Saud al-Shaalan, sepupu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS), menjadi sorotan karena mengancam bakal melancarkan jihad ke Barat menyusul ketegangan Saudi dan AS terkait produksi minyak.

Dalam sebuah video, al-Shaalan menyatakan bahwa “Siapa pun yang menentang eksistensi kerajaan, kami akan melakukan jihad dan mati sebagai martir.”

Video ini disebarkan oleh Abdullah Alaoudh, aktivis hak asasi manusia Saudi yang juga merupakan bagian dari kelompok Demokrasi di Dunia Arab Sekarang. Kelompok tersebut dibentuk oleh mendiang jurnalis Jamal Khashoggi.

Seperti diwartakan Middle East Eye, Senin (17/10/2022), al-Shaalan melontarkan pernyataan ini kala hubungan Arab Saudi dan AS memburuk imbas keputusan OPEC+ memangkas produksi minyak.

Baca juga
Kebakaran Hanguskan Panti Jompo di Rusia, 22 Orang Tewas

Siapakah Pangeran Saud al-Shaalan?

Saud al-Shaalan cucu dari pendiri Kerajaan Arab Saudi, Raja Abdul-aziz. Dengan demikian, ia merupakan sepupu Putra Mahkota MbS.

Namun, pengamat politik Timur Tengah Ali Shihabi menyatakan bahwa al-Shaalan merupakan bangsawan kecil yang tak memiliki peran resmi dalam kerajaan.

Shihabi juga mengungkapkan al-Shaalan sebetulnya bukan ‘pangeran’ dari keluarga kerajaan Al-Saud, tetapi hanya bangsawan suku.

“Dia [al-Shaalan] menikah dengan seorang putri, tetapi sekali lagi, itu tidak membuatnya otomatis menjadi pangeran. Dia menonjol secara sosial, tetapi tidak memiliki posisi resmi,” kata Shihabi di Twitter.

Ia pun menegaskan bahwa ancaman al-Shaalan tak bisa diartikan sebagai pernyataan resmi dari pemerintah.

Baca juga
Rusia Kesal karena Turki Jual Drone Bersenjata ke Ukraina

“Ini merupakan individu pribadi yang mengungkapkan pernyataan personal yang tak memiliki hubungan apapun dengan negara,” cuit Shihabi.

Tinggalkan Komentar