Rabu, 10 Agustus 2022
12 Muharram 1444

Siapkan Interfaith Dialogue, Dubes Najib Kunjungi Yayasan Masjid Sevilla

Jumat, 10 Des 2021 - 23:23 WIB
Dubes Najib inilah.com
(istimewa)

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Spanyol Dr Muhammad Najib bersama sejumlah home staff KBRI mengunjungi Fundación Mezquita de Sevilla atau Yayasan Masjid Sevilla sebagai mitra, Jumat (10/12/2021). Kunjungan itu dilakukan sebagai bagian dari rangkaian persiapan interfaith dialogue atau dialog antaragama.

Luis Ibrahim Hernández sebagai ketua yayasan ini menemani rombongan seharian penuh, untuk mendiskusikan gagasan interfaith dialogue yang diharapkan akan dihadiri oleh para pembicara yang mewakili komunitas agama yang berbeda yang berasal dari seluruh dunia.

Usai diskusi, aktivitas dilanjutkan dengan peninjauan lapangan untuk melihat dari dekat warisan peradaban Islam di Kota Sevilla, hotel yang diusulkan untuk penginapan para peserta, serta meninjau gedung milik pemerintah Kota Sevilla yang akan digunakan untuk kegiatan tersebut.

Baca juga
Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes Najib Sampaikan Lima Poin Penting untuk Sekjen UNWTO

Aktivitas Dubes Najib dan rombongan pun diakhiri dengan Shalat Jumat dengan khatib dan imam Ustad Abdul Ghani yang merupakan paman dari Luis Ibrahim Hernández yang diikuti makan siang sebelum rombongan kembali ke Madrid.

Dipilihnya Yayasan Masjid Sevilla sebagai mitra lokal karena yayasan ini dikelola oleh Muslim asli Spanyol yang memprioritaskan pembinaan masyarakat Muslim Spanyol asli.

Sebagai minoritas Muslim yang hidup damai di negara dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik, tentu dapat dijadikan contoh yang menarik bagi banyak negara, yang sampai saat ini masih kesulitan bagaimana mengelola penduduk minoritasnya.

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, diharapkan dapat berbagi pengalaman dengan seluruh peserta terutama dengan tuan rumah, tentang bagaimana hidup harmoni diantara para penganut agama dan suku yang berbeda.

Baca juga
Presiden Lantik 12 Duta Besar untuk Negara Sahabat

Interfaith dialogue ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada seluruh peserta yang hadir, untuk dibawa ke negaranya masing-masing saat delegasi kembali. Karena itu, Indonesia dan Spanyol dapat menjadi motor utama kegiatan ini.

Komunitas Muslim di Sevilla mulai tumbuh pada 1970-an, ditandai oleh munculnya warga negara Spanyol pertama yang menjadi Muslim. Sejak itu, komunitas Muslim di Sevilla terus berkembang secara signifikan, sehingga menjadi salah satu komunitas Muslim terbesar dan paling mapan di Spanyol.

Saat ini, sudah terdapat empat generasi Muslim Spanyol asli di Sevilla yang hidup di antara 30.000 penduduk Muslim-nya yang berasal dari berbagai negara sebagai imigran.

Baca juga
Di Beranda Istana Alhambra (28 – Mencari Dukungan Komunitas Indonesia di Malaga)

Pesepakbola yang pernah memperkuat klub Tottenham Hotspur dan Sevilla FC, yakni Frederic Kanoute yang berasal dari Mali, telah menyumbangkan sebagian besar hasil dari bermainnya, di samping menggalang dana pembangunan melalui kampanye #Kanoute4SevilleMosque tahun 2019, yang kemudian diwujudkan menjadi markas yayasan ini yang di dalamnya terdapat masjid dan tempat belajar agama Islam.

Tinggalkan Komentar