Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Siasat Balas Dendam Skuad Garuda Muda Hadapi Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 - 11:30 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Skuad Garuda Muda - inilah.com
(Foto ist)

Skuad Garuda Muda ingin mengakhiri nasib buruk bertemu Thailand sekaligus membalas luka atas kekalahan Indonesia di final Piala AFF 2020 pada semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022), pukul 16.00 WIB, di Stadion Thien Truong, Nam Dinh.

Tim besutan Shin Tae-yong (STY) dituntut raih kemenangan, guna tampil di partai puncak sekaligus menjaga asa bawa pulang medali emas dari Vietnam.

Thailand merupakan pemuncak klasemen Grup B lolos bersama Malaysia, sementara Indonesia bercokol di posisi runner-up Grup A ditemani Vietnam. Pertemuan kedua tim layaknya partai ulangan gelaran final Piala AFF tahun lalu, saat dimana tim Gajah Perang mampu kandaskan perlawanan Garuda dan berhak membawa pulang trofi.

Misi balas dendam tampaknya diusung STY, ini terlihat dari sisi persiapan Egy Maulana cs yang sudah digenjot pelatih asal Korea Selatan itu pasca laga terakhir kontra Myanmar.

Baca juga
Indonesia Catat Rekor Kasus Harian Terendah Selama Pandemi

Bagi Shin Tae-yong, ajang SEA Games ini berbeda dengan Piala AFF, terutama karena di ajang multi event setiap tim turun dengan skuad di bawah usia 23 tahun dengan tambahan tiga pemain senior.

Ada pun, Timnas diakui Shin Tae-yong sedang dalam performa positif usai melumat tiga lawan terakhir mereka di babak penyisihan Grup A. Praktis, kekalahan kontra Vietnam jadi satu-satunya hasil minor yang diterima Garuda.

Asnawi Absen

Timnas Indonesia dipastikan tampil tanpa satu pilar andalan, Asnawi Mangkualam. Pemain yang berkarir di Liga Korea itu tak bisa turun lantaran terganjal akumulasi kartu.

Opsi paling realistis STY adalah memasang full back kanan milik Persija Jakarta, Rio Fahmi. Kendati penampilannya sempat diragukan banyak pihak, coach Shin memastikan, pemain 23 tahun itu bakal siap menerima tanggung jawab yang ia berikan.

Baca juga
Daftar Lengkap Wakil Merah Putih di All England 2022

“Akumulasi kartu kuning. sebagai pengganti ada Rio Fahmi dan Rio ini di laga pertama kurang baik, tapi setelah itu pertandingan berikutnya performanha semakin naik saat diganti di babak kedua setiap pertandingan. Besok Rio masuk starting atau tidak, bisa saksikan langsung besok,” kata Shin Tae-yong.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, agaknya Thailand asuhan Alexandre Polking memang sedikit diunggulkan.

Dari catatan yang terhimpun, rakasasa sepak bola Asean mampu menangi 15 laga, dua hasil imbang, dan cuma kalah lima kali dari Indonesia.

Kendati demikian, Gajah Perang tentunya bukan tim yang tak mungkin dikalahkan. Berkaca dari kiprah di SEA Games 2019, anak-anak Garuda mampu tampil impresif dengan menundukkan Thailand 2-0 di babak penyisihan grup.

Baca juga
Foto: Kemenpora Dukung AICE Sukseskan Piala Dunia Qatar 2022

Semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 akan berlangsung pada pukul 16.00 WIB, di mana Indonesia akan menjajal kekuatan Thailand di Stadio Thien Truong.

Tepat tiga jam kemudian, akan dilaksanakan laga semifinal berikutnya yakni tuan rumah Vietnam versus Malaysia di Stadion Viet Tri, Phu Tho. [inu]

Tinggalkan Komentar