Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Sikap Demokrat Dukung Anies Nyapres Simbol Keseriusan Koalisi Perubahan

Kamis, 26 Jan 2023 - 12:00 WIB
Ahyanies1 - inilah.com
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat Jakarta, Jumat (7/10/2022). (Foto: Inilah.com/ Agus Priatna)

Langkah Partai Demokrat memastikan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) menuai respons positif. Terlebih, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga mengajak Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) segera membentuk Sekretariat Perubahan.

Menurut Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago, ajakan membentuk sekretariat itu pertanda ketiga partai serius membentuk Koalisi Perubahan demi mengusung Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Ada kemajuan dan progres dalam bangunan koalisi perubahan itu sendiri,” kata Pangi kepada Inilah.com, Kamis (26/1/2023).

Founder sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menjelaskan, NasDem dan PKS patut mendukung ajakan AHY tersebut. Sebab, Pangi kembali menyebut, hal itu sebagai wujud komitmen keseriusan berkoalisi.

Baca juga
Berkah dari Karomah Habib Husein di Masjid Jami Keramat Luar Batang

“Ide sekretariat gabungan PKS, Nasdem dan Demokrat harus didukung,” ujar dia menegaskan.

Terlebih, lanjut Pangi, sejak Demokrat menyatakan tak memaksakan AHY untuk dapat mendampingi Anies sebagai calon wakil presiden (cawapres)

“Soal wakil diserahkan ke Anies, tidak harus AHY,” lanjutnya.

Tindakan Berkelas dan Elegan

Pangi pun menilai AHY selaku ketum Partai Demokrat sudah menunjukkan tindakan berkelas dan elegan lantaran menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk menentukan cawapres. Apalagi, AHY juga mengajak Partai NasDem dan PKS membentuk Sekretariat Perubahan.

“Ajakan AHY untuk membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Perubahan juga bagian dari salah satu langkah strategi dalam rangka memperkuat konsolidasi. Bangunan lem perekat koalisi perubahan itu sendiri,” terangnya.

Tinggalkan Komentar