Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Simak Kisah 3 Pemuda Indonesia yang Menginspirasi

Kamis, 28 Okt 2021 - 19:19 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Simak Kisah 3 Pemuda Indonesia yang Menginspirasi - inilah.com
(ist)

Semangat Sumpah Pemuda masa kini bisa dimaknai dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membawa nama Indonesia ke mancanegara melalui produk-produk maupun pencapaian yang membanggakan karya anak negeri.

Para pemuda masa kini, semakin terdepan dalam mengembangkan berbagai produk kreatif, seperti yang dilakukan oleh Amanda Susanti (30),  M Alfatih Timur (31), dan Maudy Ayunda (25) yang memiliki bidang usaha serta karir cemerlang di usia muda, dan kini sudah berhasil mendunia.

Berikut ini adalah beberapa kisah inspirasi dari para pemuda dan pemudi yang membawa nama Indonesia kian dikenal di mancanegara.

Kisah #1: Solusi Bantu Sejahterakan Petani

Amanda Susanti, founder Sayurbox, Berawal dari permasalahan petani lokal yang kesulitan memasarkan hasil panennya, Amanda Susanti memutuskan resign dari pekerjaannya dan membangun Sayurbox.

Melalui Sayurbox, Amanda bertekat untuk memutus rantai distribusi hasil panen petani lokal.

Dilansir dari Republika, Amanda merasa bahwa petani seharusnya memiliki kesempatan lebih banyak untuk memasarkan hasil panennya.

Baca juga
Harapan untuk Naufan

Didirikan pada tahun 2016, saat ini Sayurbox telah membantu masyarakat untuk mendapatkan sayur-mayur dan buah-buahan yang segar langsung dari petaninya.

Tak hanya membantu masyarakat, Amanda dan 80 karyawannya telah membantu para petani untuk memahami kebutuhan pasar.

Atas usahanya, Amanda menjadi salah satu tokoh muda inspiratif “30 under 30” dari Forbes Asia pada tahun 2020.
 
Kisah #2: Menyebar Kebaikan dengan Galang Donasi

M Alfatih Timur, Pria kelahiran 27 Desember 1991 ini adalah Co-Founder & CEO dari kitabisa.com, sebuah platform crowdfunding/pengumpulan dana online.

Nah, melalui platform miliknya pria yang akrab disapa Timmy ini, juga berhasil masuk menjadi salah satu Forbes 30 under 30 tingkat usia untuk kategori wirausaha sosial.

Usut punya usut, Timmy saat masih dibangku sekolah dikenal cupu, lho. Namun, hal itu tidak membuatnya minder.

Baca juga
Bisa Jadi, Sedekahmu yang Melipatgandakan Rezekimu

Selama kuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Timmy aktif mengikuti kegiataan kemahasiswaan.

Dengan berlatar hal tersebut, Timmy sadar bahwa banyak masyarakat terutama di lapisan bawah yang mengalami tekanan hidup dan tidak memiliki kemampuan untuk menyuarakan aspirasinya. Itulah awal mula tujuan ia membangun kitabisa.com.

Kisah #3: Mengutamakan Pendidikan

Tokoh muda inspiratif lainnya adalah Maudy Ayunda. Penyanyi berusia 25 tahun ini telah terkenal berkat suaranya yang apik serta kepiawaiannya berakting di berbagai film.

Maudy Ayunda juga merupakan sosok inspiratif yang patut menjadi contoh bagi generasi milenial. Tidak hanya terkenal dengan aktingnya dalam film Perahu Kertas, kemampuannya dalam bernyanyi juga tidak diragukan lagi. Selain itu, Maudy Ayunda berhasil mengejar cita-citanya dari kecil untuk kuliah di luar negeri.

Keputusannya untuk mengambil double degree di bidang pendidikan dan bisnis tahun lalu juga membuat kagum banyak orang.

Baca juga
Ketum PP Muhammadiyah Minta Pemuda Jadi Pelopor Perekat Persatuan

Meski telah sukses menjadi penyanyi dan aktris terkenal, Maudy tetap mengutamakan pendidikan.

Schoters melansir bahwa sikap positif dan fleksibel menjadi salah satu kunci bagi Maudy untuk bisa membagi waktu antara karier dan pendidikannya.

Tidak hanya itu, Maudy juga aktif berkegiatan sosial. Maudy ditunjuk menjadi duta besar yang membagikan pesan untuk melawan perbudakan modern seperti kerja paksa dan kerja berbahaya.

Kepeduliannya terhadap sesama mendorongnya untuk melakukan kampanye bernama Kejar Mimpi. Kampanye ini dilakukan untuk menginspirasi anak muda untuk mengejar cita-citanya.

Tinggalkan Komentar