Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Simak Tips Bijak Gunakan PayLater saat Berbelanja  

Traveloka Paylater (Foto ist)- inilah.com
Traveloka Paylater (Foto ist)

Dalam situasi darurat dan tidak memiliki dana cukup, Anda tetap bisa bertransaksi dengan mudah melalui fitur Pay Later. Namun fitur ini tentu saja memiliki sisi positif dan negatif ketika digunakan oleh masyarakat. Sisi positifnya adalah memudahkan ketika membutuhkan belanja kebutuhan penting namun dananya tidak cukup.

Disisi lain fitur ini juga memiliki sisi negatif, jika digunakan berlebihan dan membuat tagihan Anda membengkak setiap bulan. Pay Later tidak hanya hadir di platform belanja saja tapi juga kini hadir di Traveloka. Pay Later Traveloka tentu saja memudahkan Anda untuk transaksi barang kapanpun dan dimanapun dengan konsep belanja terlebih dahulu lalu bayarnya nanti. Cara kerjanya mirip dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Bijak Gunakan PayLater Saat Belanja

Sebagian orang yang tidak bijak menggunakan fitur Pay Later saat belanja, mengalami kesusahan karena terbelit tagihan Pay Later setiap bulan. Untuk itu, simak tips bijak menggunakan Pay Later berikut ini saat belanja.

  • Pakai Pay Later Untuk Keadaan Darurat

Agar tidak terbelit oleh tagihan yang membengkak setiap bulan, maka Anda bisa gunakan Pay Later hanya untuk keadaan darurat saja. Tentu saja fitur ini memiliki limit kredit masing-masing namun Anda tetap harus punya prinsip bahwa, menggunakan fitur PayLater hanya untuk keadaan mendesak saja.

Misalnya ketika Anda butuh dana untuk membeli suatu barang yang berharga untuk digunakan untuk mendukung pekerjaan. Contohnya Anda sedang membutuhkan laptop karena laptop yang lama. Namun disisi lain, Anda tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membeli laptop baru tetapi ke pekerjaan sangat mendesak dan membutuhkan laptop yang kompatibel, maka saat itu baru menggunakan fitur Pay Later untuk transaksi.

Baca juga
Mendarat di Bali, Miyabi: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dengan cara bijak seperti ini, maka Anda tidak menghambur-hamburkan uang dengan sengaja. Padahal nantinya di bulan depan harus memikirkan tagihan dari Pay Later untuk berfoya-foya.

  • Ketahui Syarat Dan Ketentuan

Setiap layanan Pay Later tentu saja memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang berlaku. Untuk itu agar lebih bijak, maka Anda bisa memahami terlebih dahulu seluruh poin syarat dan ketentuan tersebut sebelum bertransaksi. Paling tidak Anda mengetahui berapa persentase penggunaan bunga setiap bulan, biasanya ini tergantung lama tenor.

Pahami juga berapa tenor cicilan yang harus disesuaikan dengan kemampuan dan pendapatan Anda. Selain itu pahami berapa batasan pinjaman yang berbeda-beda dari setiap perusahaan yang punya layanan Pay Later. Kemudian perhatikan, berapa pengenaan denda yang sekiranya dihadirkan oleh setiap platform yang punya fitur Pay Later.

Dengan mengetahui beberapa syarat dan ketentuan tersebut, maka anda bisa memanfaatkan fitur Pay Later secara bijak.

  • Pakai PayLater Untuk Transaksi Terjangkau

Saat membeli suatu barang secara online, umumnya nafsu belanja masyarakat semakin tinggi. Untuk mengontrol hal tersebut, maka sebaiknya gunakan fitur ini hanya untuk menyelesaikan transaksi dengan nominal yang terjangkau. Dengan begitu maka Anda tidak akan mengalami risiko untuk kesulitan bayar tagihan.

Baca juga
Lagi, Anggota DPR Terjebak di Lift Nusantara II

Namun bisa saja Pay Later Anda manfaatkan untuk belanja dengan nominal yang besar. Asalkan Anda punya tabungan yang jumlahnya sesuai dengan nominal yang sudah Anda keluarkan untuk pakai fitur transaksi tersebut.

  • Tentukan Limit Pemakaian

Layanan fitur Pay Later dari setiap perusahaan yang mengeluarkan layanan ini tentu berbeda-beda. Secara umum, limit kredit yang diberikan bisa berdasarkan transaksi yang sudah pernah dilakukan oleh pengguna dan juga kemampuan finansial. Namun untuk bijak menggunakan Pay Later, maka sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu limit kredit sendiri.

Misalnya dengan hanya menggunakan dana setengah dari limit kredit yang Anda punya. Dengan cara ini maka Anda bisa lebih waspada untuk mengendalikan nafsu belanja apa saja dengan menggunakan fitur pembayaran Pay Later. Cara ini juga dapat membantu mengelola keuangan  tetap stabil, tanpa harus memikirkan tagihan yang terlalu membengkak nantinya.

Karena bagaimanapun meski fitur pembayaran ini memudahkan anda untuk belanja terlebih dahulu, tetap saja nantinya Anda harus membayar tagihan sesuai dana yang sudah dipakai.

  • Disiplin Bayar Tagihan PayLater

Berikutnya, sangat penting juga bagi anda untuk tetap disiplin dalam melunasi tagihan PayLater tepat waktu dan tuntas. Ketika Anda terlambat bayar cicilan, tentu Anda akan mendapatkan denda atas keterlambatan tersebut.

Baca juga
Belajar dari Kasus Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Tips Halau Rasa Kantuk Saat Bawa Mobil

Ini akan membuat beban keuangan Anda bertambah, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Jika sering terlambat bayar tagihan PayLater, ini juga akan menurunkan skor kredit. Ke depannya, akan membuat proses pengajuan pinjaman anda di masa depan bisa saja sulit.

  • Pilihan Layanan PayLater Legal

Dari sekian banyak perusahaan yang mengeluarkan fitur pembayaran dengan Pay Later, pastikan bahwa Anda memilih layanan yang sudah memiliki izin OJK. Dengan memilih layanan yang sudah legal seperti ini, maka Anda bisa lebih aman untuk bertransaksi.

Selain itu sebaiknya pilih fitur Pay Later yang menghadirkan transaksi dengan fasilitas bunga 0%. Dengan fasilitas tersebut akan membuat transaksi belanja Anda, tagihannya tidak akan membengkak. Namun pastikan anda memahami syarat dan ketentuan dengan penawaran bunga 0% ini terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa cara bijak yang bisa dilakukan untuk berbelanja dengan fitur pembayaran Pay Later. Untuk Anda yang sedang ingin menggunakan fitur kredit dengan PayLater, maka bisa menggunakan fitur Traveloka Pay Later. Fitur pembayaran dari Traveloka ini memiliki banyak sekali kelebihan.

Mulai dari pendaftaran yang sangat cepat dan juga persyaratan yang mudah, limit kredit cukup besar hingga 10 Juta, pilihan pembayaran dengan transfer bank dan BCA Virtual Account serta masih banyak lagi. Belanja lebih fleksibel dengan budget yang aman hanya dengan Traveloka Pay Later.

Tinggalkan Komentar