Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Sinar Burkina Faso Redup, Kalah 1-3 dari Senegal di Semifinal

Sinar Burkina Faso Redup
Senegal menang 3-1 atas Burkina Faso dan berhak melaju ke final piala Afrika

Sinar Burkina Faso akhirnya redup di Semifinal Piala Afrika usai kalah 1-3 dari Senegal di Semifinal di Yaounde, Kamis dini hari.

Ini menjadi final kedua Senegal berturut-turut dalam gelaran Piala Afrika.

Tim Aliou Cisse mendapat dua tendangan penalti pada babak pertama. Namun keduanya dibatalkan lagi oleh wasit asal Ethiopia yang berubah pikiran setelah tinjauan VAR.

Senegal baru benar-benar unggul di babak kedua ketika bek Paris Saint-Germain Abdou Diallo menyeruak di dalam kotak untuk menciptakan penyelesaian ala striker.

Gol kedua terjadi pada menit ke-76 ketika Mane memberikan assist yang luar biasa kepada Gueye yang juga pemain PSG, untuk mencetak gol. Mane sendiri menuntaskan kemenangan timnya dalam akhir pertandingan setelah Blati Toure membalaskan satu gol.

Baca juga
Laga Terakhir Fase Grup, RB Leipzig Bekuk Manchester City 2-1

Tim nasional peringkat teratas Afrika itu akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara tuan rumah Kamerun dan Mesir yang akan dimainkan Jumat dini hari esok.

Kamerun dan Mesir adalah dua negara paling sukses dalam sejarah AFCON dengan total sudah menggondol 12 gelar juara Afrika. Sementara Singa Teranga masih berusaha memburu mahkota kontinental pertamanya, dua setengah tahun setelah kalah melawan Aljazair dalam final di Kairo.

Lawan mereka dalam semifinal tadi pun tidak bisa diremehkan.

Burkina Faso sudah membuktikan diri sebagai tim muda berbakat dan didorong hasrat memberikan kegembiraan kepada para pendukungnya di negara yang terguncang setelah Presiden Roch Marc Christian Kabore digulingkan kudeta militer pekan lalu.

Baca juga
PSG Siap-siap Rogoh Rp1,2 Triliun untuk Tebus Gelandang Lazio

Itu terjadi dengan latar belakang pemberontakan jihadis di negara yang terkurung daratan itu. Pelatih mereka, Kamou Malo, menyebut kudeta itu memberi “motivasi tambahan” kepada timnya.

Mereka bertarung gigih dan bersemangat melawan Senegal sepanjang laga, tetapi mereka tidak cukup sering menyulitkan penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy yang menjaga gawang Senegal.

Tinggalkan Komentar