Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Sinergi Anies-Ridwan Kamil Semarakkan Suara Anak Muda di KTT Y20

Sabtu, 02 Jul 2022 - 11:51 WIB
Img 0153 - inilah.com
Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers KTT Y20 secara virtual, Sabtu (2/7/2022). Foto: Inilah.com/Harris Muda

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berkomitmen mengakomodasi suara anak muda dalam mendukung perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) yang berlangsung 17-24 Juli 2022 mendatang.

Diketahui, KTT Y20 merupakan bagian dari Presidensi G20 Indonesia dan akan berlangsung di dua tempat, DKI Jakarta serta Jawa Barat.

“Saya ingin menyampaikan dukungan bahwa Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh kegiatan KTT Y20 ini. Kita berharap teman-teman dari Y20 ini nantinya akan bisa menghasilkan komunike yang diteruskan kepada presiden sebagai pemimpin G20,” kata Anies dalam konferensi pers KTT Y20 secara virtual, Sabtu (2/7/2022).

Anies juga menyambut baik empat isu utama yang dipopulerkan KTT Y20 Indonesia. Keempat pembahasan ini adalah transformasi digital, ketenagakerjaan pemuda, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

“Para pemuda ini adalah pemilik masa depan. Apa yang nanti mereka katakan ini perlu dipikirkan dengan serius oleh pemimpin. Otomatis ini adalah isunya anak muda. Kami berharap dan mendukung, Jakarta adalah sebuah kota yang sangat beragam dari sisi latar belakang, sosiologis dan ekonomis. Kami siap untuk memfasilitasi agar peserta bisa merasakan unity ada di kota ini,” sambung Anies.

Baca juga
Gubernur DKI Lepas 11.680 Mudik Gratis dengan Bus, Terima Kasih Pak Anies

Senada dengan Anies, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga menyambut baik terlaksananya KTT Y20 di bumi pasundan.

Bagi Ridwan,KTT Y20 merupakan wadah yang sempurna bagi kaula muda untuk berdiskusi terutama soal empat isu yang menjadi topik perbincangan.

“Nah untuk itu komunike dari empat poin ini betul-betul harus sampe. Dan Jabar mendukung bersama DKI Jakarta menyediakan anggaran bermiliar-miliar, Alhamdulillah,” ungkap Ridwan Kamil.

Tentang Y20

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20. Termasuk pertemuan pemuda G20 atau Youth 20 (Y20) pada 2022. Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam event ini, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi.

Baca juga
Foto: Ridwan Kamil Lepas Peserta IUCC 2021

Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi nirlaba kepemudaan, menjadi tuan rumah resmi untuk menyambut delegasi muda Y20 dari berbagai negara. Sebelum KTT Y20 Indonesia 2022 digelar, empat Pra-KTT untuk masing-masing bidang prioritas akan terselenggara secara terpisah di empat kota di Indonesia. Keempat kota yakni Palembang (Pra-KTT Pertama), Lombok (Pra-KTT Kedua), Balikpapan (Pra-KTT Ketiga), dan Manokwari (Pra-KTT Keempat). Acara puncak KTT Y20 Indonesia 2022 terselenggarsa di DKI Jakarta dan Bandung.

Tinggalkan Komentar