Sinergi Bea Cukai dan BNNP Kalimantan Selatan Musnahkan Ratusan Gram Narkotika

Sinergi Bea Cukai dan BNNP Kalimantan Selatan Musnahkan Ratusan Gram Narkotika - inilah.com

Bea Cukai Banjarmasin turut hadir dalam kegiatan pemusnahan narkotika jenis sabu yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan. Pemusnahan dilakukan terhadap barang bukti kurang lebih 300 gram sabu pada Rabu (18/08).

Dalam kegiatan tersebut Bea Cukai Banjarmasin diwakili langsung oleh Kurnia Saktiyono selaku Kepala Kantor yang didampingi oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Banjarmasin Khusnul Arif.  Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kejaksaan Negeri dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Dari jumlah narkotika yang dimusnahkan, kurang lebih 101 gram sabu merupakan tangkapan hasil sinergi Bea Cukai Banjarmasin bersama Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan dan BNNP Kalimantan Selatan. Penindakan dilakukan terhadap barang kiriman melalui Kantor Pos Banjarmasin dengan modus jurnal buku album,” ungkap Kurnia.

Baca juga  Tambang Emas di Kotawaringin Timur Longsor, 6 Orang Tewas

Kurnia menjelaskan bahwa terhadap hasil penegahan tersebut selanjutnya dilakukan penyitaan dan pemusnahan sesuai Surat Ketetapan Status Barang Sitaan Narkotika Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru Nomor B-91/O.3.20/Enz.1/08/2021. Pemusnahan dilakukan dengan memasukkan barang bukti berupa sabu ke dalam tabung blender bersama air, yang selanjutnya dibuang ke water closet (kakus).

“Meski di tengah pandemi, peredaran narkoba masih terus terjadi, semoga sinergi antara Bea Cukai dan BNN di seluruh daerah di indonesia tetap terjaga dengan baik. Dengan harapan mampu menekan peredaran narkotika kedepannya demi Indonesia semakin baik dan jauh dari narkoba,” pungkas Kurnia. [adv]

Tinggalkan Komentar