Sinergi Forwat-AJI-OPPO Salurkan Rp100 Juta untuk Jurnalis Terdampak Covid-19

Sinergi Forwat-AJI-OPPO Salurkan Rp100 Juta untuk Jurnalis Terdampak Covid-19 - inilah.com

Merebaknya kasus Covid-19 menjelang akhir tahun 2021 menjadi tantangan tersendiri bagi setiap jurnalis dalam menjalankan aktivitas. Pasalnya banyak hal yang tak terduga bisa muncul di tengah medan peliputan. Tidak jarang,  para pekerja media tertular virus Corona. Pekerja media juga rawan menularkan virus tersebut ke orang-orang di sekitarnya, termasuk keluarga hingga membuat sejumlah ekonomi keluarga dari pewarta semakin terpuruk. Bantuan dari segala pihak yang tepat sasaran diharapkan meringankan beban pewarta tersebut.

Upaya untuk membantu jurnalis yang terdampak Covid-19 di Indonesia digagas oleh Forum Wartawan Teknologi (Forwat) berkolaborasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan OPPO Indonesia untuk menyalurkan donasi sebesar Rp100 juta. Bantuan ini akan diberikan kepada jurnalis, terutama yang meliput di sektor teknologi dan telekomunikasi. Meski demikian, Forwat, AJI dan OPPO Indonesia tetap membuka peluang bagi jurnalis lainnya secara umum.

Baca juga  TNI AU Kerahkan Prajurit dan Alutsita Bantu Atasi Erupsi Semeru

Ketua Umum Forwat, Danang Arradian, mengatakan selama ini Forwat bersama rekan-rekan jurnalis telah beberapa kali melakukan penggalangan dana untuk membantu rekan sesama profesi yang terdampak Covid-19. Kolaborasi antara Forwat, AJI dan OPPO Indonesia dimaksudkan agar bantuan bisa menjangkau lebih banyak jurnalis, terutama di sektor teknologi dan telekomunikasi dan jurnalis umum lainnya.

“Forwat mengucapkan terima kasih kepada OPPO yang menjadi vendor yang paling sigap menunjukkan kepedulian dan empati terhadap teman-teman jurnalis yang terdampak Covid-19,” ujar Danang dalam jumpa pers secara virtual, Selasa (02/09).

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban teman-teman yang terdampak Covid-19” lanjut pria yang akrab disapa Cak Dan.

Baca juga  Minyak Bekas Bantu Warga Terdampak Covid-19

Pada kesempatan yang sama OPPO Indonesia melihat bantuan ini sebagai keprihatinan bersama untuk saling melindungi mengingat tingginya risiko bagi pekerja media dan melihat pentingnya media mengawal upaya penanganan Covid-19.

“Bagi OPPO, sungguh menyakitkan ketika mendengar kabar rekan-rekan jurnalis yang terinfeksi virus Covid-19. Dalam situasi seperti ini, OPPO mengedepankan untuk dapat meringakan beban rekan-rekan jurnalis terutama yang terdapmak Covid-19. Penyaluran melalui Forwat & AJI dipilih karena kesamaan tujuan untuk tidak hanya membantu rekan-rekan jurnalis secara umum, namun juga keluarga inti yang terdampak. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat dan menjadi contoh untuk industri saling merangkul untuk membantu sesama,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

Sementara itu Sekjen AJI Ika Ningtyas mengatakan selama ini banyak rekan jurnalis yang terdampak pandemi Covid 19 selama ini. “Kolaborasi seperti ini memang diperlukan untuk membantu banyak rekan jurnalis yang terdampak akibat pandemic Covid 19. Baik jurnalis yang berstatus karyawan tetap, kontrak hingga freelance” ujar Ika.

Baca juga  Catat Rekor, Covid-19 Singapura Tembus 5.000 Kasus

“Alhamdulillah, supportnya jadi sangat merasa terbantu dengan semangat kebersamaaan dari teman-teman untuk terus survive menghadapi pandemi Covid-19 ini. Terima kasih untuk Forwat, AJI dan OPPO,” ujar Lely Maulida salah satu jurnalis yang mendapatkan bantuan.

Program penyaluran donasi sendiri akan disalurkan mulai pada September 2021. Jurnalis yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan dirinya sendiri dan atau keluarga inti (istri/suami, dan anak) untuk bisa mendapatkan bantuan donasi ini. Info lebih lanjut dapat dilihat di www.forwat.id dan www.aji.or.id.

Tinggalkan Komentar