Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Situasi Semakin Baik, Menpora Apresiasi Prokes Liga 1

Senin, 13 Sep 2021 - 10:04 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Situasi Semakin Baik, Menpora Apresiasi Prokes Liga 1  - inilah.com
(Foto: Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan tinjauan ihwal penerapan protokol kesehatan liga sepak bola utama Indonesia, Liga 1 BRI di sela laga Arema FC lawan Bhayangkara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/9/2021). Menurut Zainudin, prokes telah diterapkan dengan baik dan dia minta segenap pihak terkait menjaga kedisplinan penerapan prokes tersebut.

”Penerapan prokes sudah sesuai dengan yang disampaikan PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) maupun PT LIB (Liga Indonesia Baru) dalam rapat koordinasi yang dilakukan berkali-kali. Saya minta kedisplinan menjalani prokes ini terus terjaga demi keberlanjutan liga. Apalagi selain Liga 1, PSSI dan PT LIB berencana mengelar Liga 2 (direncanakan akhir September ini),” ujar Zainudin dalam konferensi daring, Minggu.

Selain itu, Zainudin meminta agar semua pihak bisa menjaga para suporter tetap displin tidak hadir ke stadion dan melakukan nonton bareng di luar stadion. Sebab, itu menjadi salah satu kekhawatiran banyak pihak sebelum liga bergulir.

Baca juga
Ini Profil Haruna Soemitro, Exco PSSI yang Viral karena Cibir Kinerja Shin Tae-yong

”Namun, sejak liga dimulai pada 27 Agustus sampai sekarang, saya memberikan apresiasi kepada para suporter yang tetap mendukung klub kesayangannya dari rumah saja. Semoga ini terus dijaga agar liga bisa terus berlanjut,” katanya.

Zainudin turut mengamati kinerja pemain dan wasit yang telah menjalani dua pekan pertandingan. Dia menilai, akibat tidak ada kompetisi rutin cukup lama, kondisi pemain dan wasit agak menurun. Stamina pemain agak menurun dan wasit beberapa kali melakukan kesalahan. ”Namun, setelah dua pekan berlalu, kinerja pemain dan wasit semakin membaik. Semoga mereka bisa terus membaik,” tuturnya.

Selain itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan pihaknya berkomitmen untuk menjaga kedisplinan penerapan prokes selama liga berlangsung. Sejauh ini, mereka melakukan pengawasan ketat kepada semua pihak yang terlibat dalam liga, dari pemain, pelatih, hingga perangkat pertandingan.

Baca juga
Ketua PSSI Optimis Kualitas Timnas Bakal Lebih Garang di AFF 2020

Semua pihak itu masuk dalam gelembung dan cuma dibolehkan melakukan aktivitas dari hotel ke arena latihan/laga dan sebaliknya. Sebelum laga, ada pemeriksaan tes Covid-19. ”Sampai saat ini, prokes diterapkan dengan ketat. Semua kegiatan juga berlangsung aman dan lancar,” ujarnya.

Salah satu langkah PSSI dan PT LIB mencegah kerumunan atau kehadiran penonton, mereka menghindari klub bermain di home base atau tempat asalnya. Laga pun dilangsungkan di zona hijau Covid-19, yakni di kawasan Jabodetabek. ”Minggu depan, mungkin kami coba bergeser bermain di kawasan Bandung Raya yang juga zona hijau, seperti di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Nanti mungkin ke zona hijau lainnya, yakni Semarang Raya dan Surabaya Raya,” kata Iriawan.

Baca juga
Persija Minta LIB Verifikasi JIS, Sah Jadi Kandang Macan Kemayoran?

Terkait kinerja wasit, Iriawan mengakui ada sejumlah kesalahan yang dilakukan. Itu dinilai karena wasit kaget karena cukup lama tidak bertugas. ”Kami sudah melakukan pemeriksaan dan tidak ada unsur kesengajaan dari kesalahan-kesalahan tersebut. Namun, kami tetap memberikan mereka teguran supaya kesalahan tidak diulangi lagi,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar