Situs Ranking Alexa Berhenti Beroperasi per 1 Mei 2022

- inilah.com

Raksasa teknologi Amazon baru saja mengumumkan penutupan sistem pemeringkat situs web Alexa pada 1 Mei 2022 mendatang.

Langkah tersebut diumumkan langsung oleh Alexa.com lewat pernyataan resmi di situs web mereka. Hingga kini, tidak jelas alasan Amazon mengambil langkah penutupan alat analisis kompetitor yang telah tersedia selama 25 tahun itu.

“25 tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022,” tulis keterangan resmi mereka.

Alexa merupakan anak perusahaan Amazon yang dikenal sebagai sistem pemeringkat website. Alexa menggunakan data lalu lintas web dari mitranya untuk membuat daftar perusahaan internet paling populer.

Baca juga  Ustadz Yusuf Mansur ke Ade Armando: Tolong Dipake Akal Sehatnya

Data ranking situs web dari Alexa biasanya digunakan perusahaan internet untuk menganalisis kompetitornya satu sama lain.Selain sistem peringkat situs web global, Alexa.com dari Amazon juga menawarkan serangkaian SEO dan alat analisis kompetitor dengan langganan berbayarnya.

Amazon sendiri telah berhenti menawarkan langganan baru kepada para pelanggannya per 8 Desember 2021. Meski demikian, hingga saat ini pelanggan yang sudah membayar masih memiliki akses ke data Amazon dan alat SEO hingga 1 Mei 2022.

Alexa juga menjelaskan bahwa API mereka akan dihentikan pada 8 Desember 2022.

Kendati tak menjelaskan alasan penutupan, kemungkinan Alexa ‘disuntik mati’ karena penurunan traffic. Menurut data dari Semrush, yang merupakan platform SaaS manajemen visibilitas online, lalu lintas organik Alexa.com terus menurun.

Tinggalkan Komentar