Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Smartphone Premium di Indonesia Akan Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Chipset Snapdragon

Qualcomm mengindikasikan akan ada sejumlah smarphone yang akan diluncurkan di Indonesia menggunakan chipset terbaru mereka Snapdragon 8 Gen 1.

“Tentu akan ada lagi, kita tunggu saja pengumumannya,” kata Manajer Senior Pengembangan Bisnis Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/2/2022).

Pihak Qualcomm tidak ingin menyebutkan brand apa saja yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 sebagai otak dari smartphone barunya dengan alasan supaya ‘menjadi kejutan’.

Beberapa waktu lalu perusahaan berbasis San Diego, AS, ini meluncurkan chipset kelas flagship Snapdragon 8 Gen 1 Mobile Platform. Chipset Snapdragon seri 8 biasanya digunakan pada smartphne di segmen premium.

Baca juga
Berhadiah Rp30 Juta, Turnamen Esports Antar Kampus MGA University Championship Season 2 Siap Digelar

Samsung baru saja mengumumkan Galaxy S22 Series yang beredar di Indonesia menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset ini menggunakan fabrikasi 4 nanometer, menawarkan kinerja CPU 20 persen lebih baik dan efisiensi daya 30 persen lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya.

Qualcomm untuk pertama kalinya menggunakan modem Snapdragon X65 dengan kemampuan 5G yang diperbarui. Modem ini memiliki komptabilitas dengan milimeterwave dan frekuensi sub-6GHz, Qualcomm menambah dukungan kecepatan hingga 10GBps dan spesifikasi 3GPP Release 16 terbaru.

Mesin kecerdasan buatan (AI) yang disematkan, Qualcomm AI Engine, merupakan generasi terbaru ke-7, yang memiliki kemampuan untuk fotografi bookeh, analisis ratusan dokumen secara instan dan mengenali suara pendeteksi suasana hati untuk memantau kesehatan.

Baca juga
Kelangkaan Chip, Multipolar Technology Pede Pendapatan Tumbuh 5 Persen di 2022

Untuk kemampuan gaming, chipset ini menggunakan Snapdragon Elite Gaming untuk respons yang halus, tampilan HDR dan fitur tingkat desktop.

Selain peningkatan kinerja CPU, GPU Adreno yang diperbarui memberikan daya 30 persen lebih ebsar dan efiensi 25 persen lebih tinggi.

Tinggalkan Komentar