Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Soal Ganjar Siap Nyapres, Pengamat: Sinyal PDIP Bentuk Koalisi

Kamis, 20 Okt 2022 - 23:40 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Capres Ganjar PDIP - inilah.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: dok Pemprov Jateng).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyatakan siap menjadi calon presiden (capres). Pernyataan ini dinilai tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan sinyal dari partai tempat Ganjar bernaung yaitu PDIP untuk segera membentuk koalisi.

“Pernyataan Ganjar ini adalah sinyal. Bukan hanya dari pribadi Ganjar. Melainkan kode yang sedang dipersiapkan oleh PDIP. Untuk segera membentuk koalisi pencapresan,” kata Pengamat Politik Aditya Perdana dalam keterangan tertulis, Kamis (20/10/2022).

Aditya menjelaskan, pernyataan Ganjar merupakan realitas politik. Realitas ini sebenarnya memberikan informasi kepada publik tentang adanya perdebatan serius dalam menentukan arah dukungan capres di internal dan elite PDI Perjuangan.

Baca juga
Berita Foto: Sebagai Cagar Budaya, Masjid Bersejarah di Jakarta Barat Ini Siap Direvitalisasi

Lebih jauh, kata akademisi Universitas Indonesia itu, PDIP akan mudah mencetak tiga kali kemenangan dalam Pemilu Legislatif apabila capres yang didukung juga memiliki potensi kemenangan tinggi. Dengan kata lain memiliki efek ekor jas.

Namun, ujar Aditya, jika PDIP memaksakan diri mendukung capres dengan elektabilitas dan popularitas yang rendah, maka kemenangan tiga Pemilu Legislatif untuk kali ketiga tidak akan mudah dicapai.

“Pernyataan kesiapan Ganjar mungkin dapat diinterpretasikan sebagai kode awal dari PDIP,” ujarnya menegaskan.

Direktur Eksekutif Algoritma itu memprediksi, PDIP akan membentuk koalisi dengan beberapa partai yang sudah berpengalaman dalam ritme kerja pemerintahan Jokowi.

Baca juga
Soal Kabar Kedekatan dengan PKS dan Gerindra, Golkar: Kami Terbuka

Di sisi lain, ujar Aditya menambahkan, pernyataan Ganjar juga merespons langkah Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

Tinggalkan Komentar