Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Soal Kriteria Capres PDIP, Hasto: Aspek Ideologi tak Bisa Ditawar

Selasa, 21 Jun 2022 - 19:21 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Img 20220621 172831 - inilah.com
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan di sela Rakernas PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Foto: Antara/Syaiful Hakim

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membeberkan kriteria calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kriteria utama menyangkut aspek ideologi.

“Aspek ideologi sangat penting, mutlak, tidak bisa ditawar-tawar,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Hasto mengemukakan hal itu di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP.

Dia menjelaskan, seorang pemimpin harus kokoh dalam prinsip. Hal ini dibutuhkan ketika mengambil suatu kebijakan.

“Pak Jokowi menyampaikan subsidi BBM kita saja itu Rp567 triliun. Bagaimana kita menghadapi tekanan itu? Seorang pemimpin yang tidak berani mengambil sikap, tentu melihat hal itu sebagai beban,” terang Hasto.

Baca juga
PDIP Nilai Jokowi tak Serius Dukung Ganjar Capres 2024

Meski begitu, lanjut dia, seorang pemimpin akan memperhitungkan keputusan kendati pahit.

“Nah, inilah yang sedang dipertimbangkan betul oleh Ibu Megawati,” kata Hasto.

Sejauh ini, Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri masih berkontemplasi untuk menentukan capres Pilpres 2024. Hasto menyebut, Megawati belum bisa menentukan lantaran proses kajian terhadap calon terus berlangsung.

Hasto menyebut belum mengetahui tentang pengumuman penentuan capres tersebut. Ia menegaskan, hal itu merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri untuk menyampaikannya.

 

Tinggalkan Komentar