Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Soal Pilpres, PKS Prioritaskan Dialog dengan Parpol Lain

Selasa, 21 Jun 2022 - 21:59 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0608 021050 D697 Inilah.com  - inilah.com
Ilustrasi Pemilihan Presiden 2024. Foto: Antara

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum mengumumkan bakal calon presiden (capres) usai Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Sebab, PKS tengah fokus mendahulukan dialog dengan partai politik lain demi memenuhi presidential threshold (PT) atau ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

“Nama-nama (bakal capres) itu sementara belum kami ungkap ke publik,” kata Juru Bicara PKS Al Muzammil Yusuf di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Dia menjelaskan, saat ini di parlemen tersisa dua partai yang berada di luar pemerintahan yakni PKS dan Demokrat. Oleh karena itu, pembicaraan untuk mencukupi jumlah kursi syarat PT 20 persen menjadi sangat penting.

Baca juga
Syaikhu: PKS Tidak untuk Dijual ke Oligarki

“Kami ingin memastikan bahwa mitra koalisi yang sekarang di pemerintahan tidak membatasi dalam hal koalisi,” katanya menegaskan.

Menurut dia, apabila menyangkut situasi politik saat ini, terbuka kemungkinan ada hal tertentu yang ingin disampaikan mitra koalisi terkait capres kepada PKS.

Sebelumnya, Muzammil mengungkapkan, partainya akan menyambangi Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu besok (22/6/2022).

Menurut Muzammil, pertemuan itu untuk memastikan presidential threshold 20 persen sebagai syarat mengusung calon Presiden.

“PKS akan mendahulukan dialog dari hati ke hati ke pimpinan parpol termasuk NasDem untuk memastikan bahwa kursi 20 persen akan kita dapatkan. PKS siap untuk bersikap seperti negarawan dengan mitra koalisi,” kata Muzammil.

Baca juga
Nasdem Tolak Koalisi dengan Parpol Nonparlemen, Buka Peluang PKB-PKS

 

Tinggalkan Komentar