Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Sponsori Barcelona, Spotify Resmi Terjun ke Sepak Bola

Barcelona Spotify - inilah.com
Foto Marca

Layanan streaming musik digital, Spotify, menunjukkan keseriusan untuk terjun di industri sepak bola. Setelah tawaran untuk mengakuisisi Arsenal, Mei 2021, ditolak, Spotify dipastikan akan menandatangani kontrak tiga musim mulai 2022-2023 untuk menjadi sponsor utama sekaligus membeli hak penamaan Stadion Camp Nou.

Menurut laporan radio Catalan, Spanyol, RAC1. Spotify akan memberikan dana segar kepada Blaugrana sebesar 280 juta euro (Rp4,6 triliun) untuk masa kontrak selama tiga musim atau sekitar 93 juta euro (Rp1,53 triliun) per musim.

Dengan kontrak itu, logo Spotify akan hadir di bagian dada kostum tim putra dan putri Barcelona pada musim 2022-2023 hingga 2024-2025. Selain di kostum tanding, jenama Spotify hadir pula di seragam latihan Barca.

Baca juga
Red Bull Racing Kenalkan RB18 untuk Balapan F1 Musim Ini

Tak hanya itu, perusahaan rintisan asal Swedia itu juga akan hadir di nama stadion Barcelona nan legendaris. Mulai musim depan, markas Barcelona akan bernama Camp Nou Spotify.

Konfirmasi kontrak baru itu dilaporkan oleh jurnalis RAC1, Marta Ramon Gorina, di akun Twitter pribadinya, @Marta_Ramon. Dalam cuitan tertanggal Senin (7/2/2022), Marta mengunggah foto sejumlah petinggi Spotify yang tengah berfoto dengan latar lapangan Camp Nou. Foto itu diambil seusai laga Barca kontra Atletico Madrid, Minggu (6/2/2022).

”Penandatanganan (kerja sama) akan dilakukan besok (Selasa, 8/2),” cuit @FCBRAC1, akun Twitter RAC1 yang khusus memberitakan informasi terkini Barca.

Dengan kontrak kerja sama itu, Spotify akan menjadi jenama sponsor dengan nilai tertinggi dalam sejarah Blaugrana. Nilai kontrak per musim dari Spotify itu hampir dua kali lipat dari kesepakatan Barca dengan perusahaan ritel daring asal Jepang, Rakuten, yang mendukung Barca sebesar 55 juta euro (Rp905,87 miliar) per musim pada 2017 hingga 2021, lalu membayar 30 juta euro (Rp494,1 miliar) untuk musim 2021-2022.

Baca juga
Anies dan Pasha Ungu Semarakkan Malam Takbiran di JIS

Pada empat musim terakhir, tim putri Barca menyematkan logo jenama Stanley Black & Decker. Alhasil, Spotify juga akan menjadi perusahaan tunggal pertama yang menyokong tim putra dan putri Barca.

Kucuran uang dari Spotify ini diharapkan bisa meringankan beban keuangan Barcelona, yang selama dua musim terakhir terganggu akibat adanya pandemi COVID-19 dan mismanajemen dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, Barcelona juga bisa membangun skuad dengan lebih baik lagi, terutama di tim putra.

 

 

Tinggalkan Komentar