Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Squid Game Menang di Baeksang Arts Awards

Sabtu, 07 Mei 2022 - 22:03 WIB
Squid Game
Istimewa

Serial Squid Game dan film Escape from Mogadishu memenangkan penghargaan utama (Grand Prize) masing-masing dalam kategori TV dan film di Baeksang Arts Awards ke-58 yang digelar di kota Goyang, Korea Selatan, pada Jumat (6/5/2022) malam.

Squid Game memenangkan total tiga penghargaan kategori termasuk hadiah utama dan sutradara terbaik.

Disutradarai dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk, Squid Game yang terdiri dari sembilan episode menjadi acara TV paling sukses dalam sejarah Netflix dengan lebih dari 1,65 miliar jam tayang dalam empat minggu pertama setelah dirilis pada 17 September.

Berbicara di atas panggung setelah menerima penghargaan sutradara terbaik, Hwang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Netflix dan CEO dari perusahaan produksi acara Netflix, Siren Pictures, Kim Ji-yeon.

Baca juga
Rp50 Miliar, Modal Bikin Squid Game di Dunia Nyata

“Terima kasih Netflix telah berinvestasi dalam proyek yang sulit dibuat tanpa ragu-ragu dan CEO Kim karena telah mendorong saya dengan mengatakan bahwa ini adalah untuk pemirsa global, bukan hanya pemirsa domestik, setelah membaca skenarionya,” kata Hwang dikutip dari Yonhap pada Sabtu, (7/5/2022).

Hwang menambahkan bahwa dirinya telah mulai menulis Squid Game musim kedua dan akan kembali mengarahkan acara TV yang bagus dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara itu, Mogadishu merupakan film yang memotret kisah diplomat Korea Selatan dan Korea Utara yang terjebak di Somalia selama perang saudara tahun 1991, kedua diplomat itu bekerja sama untuk melarikan diri dari negara itu. Film ini disutradarai oleh Ryoo Seung-wan.

Baca juga
Squid Game, Bisa Jadi Cerminan Masyarakat yang Putus Asa

Film Mogadishu dan Kingmaker mendominasi kategori film, masing-masing memenangkan tiga penghargaan.

“Saya menjadi malu menerima hadiah utama atas nama saya dan bukan dalam film. Saya berterima kasih kepada kru yang bekerja dengan saya dan aktor yang andal tanpa terpengaruh dalam lingkungan syuting yang sulit,” kata Ryoo setelah mengambil piala untuk hadiah utama.

Di antara karya lainnya, serial DP mendapatkan tiga piala meliputi drama terbaik, aktor pendukung terbaik, dan aktor pendatang baru terbaik. Serial Juvenile Justice dan Hellbound juga masing-masing menerima penghargaan skenario terbaik dan aktris pendukung terbaik.

Diluncurkan pada tahun 1965, Baeksang Arts Awards merupakan salah satu acara penghargaan di industri bidang hiburan paling bergengsi di Korea Selatan, mencakup bidang TV, film, dan teater.

Baca juga
Koin kripto SQUID Terjun Bebas, Pengembang Bawa Kabur Dana Rp29,8 M

Upacara tahunan kembali ke format tatap muka pada tahun ini setelah mengadakan acara tanpa penonton selama dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19. Gelaran Baeksang Arts Awards dipandu oleh komedian Shin Dong-yeob, penyanyi-aktris Suzy, dan aktor Park Bo-gum.

Tinggalkan Komentar