Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Sri Lanka Tunjuk Sembilan Anggota Kabinet Baru

Jumat, 20 Mei 2022 - 15:33 WIB
Sri Lanka Kabinet
Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe (foto: NDTV)

Sri Lanka menunjuk sembilan anggota kabinet baru pada Jumat (20/5/2022), di antaranya menteri-menteri untuk portofolio penting, seperti kesehatan, perdagangan, dan pariwisata.

Langkah tersebut diambil saat negara pulau itu memerangi krisis ekonomi terburuk dalam sejarah.

“Sembilan menteri kabinet pemerintah seluruh partai yang baru mengambil sumpah di hadapan Presiden Gotabaya Rajapaksa,” kata keterangan berita presiden, seperti dilansir Reuters, Jumat.

Politisi veteran Ranil Wickremesinghe mengambil alih sebagai perdana menteri bulan ini untuk membentuk kabinet baru setelah kakak presiden, Mahinda Rajapaksa, mengundurkan diri dari jabatannya.

Sri Lanka sebelumnya mencabut aturan jam malam pada Sabtu (14/5/2022) dari pukul 06.00 hingga 18.00 ketika PM Wickremesinghe berusaha membentuk pemerintahan.

Baca juga
Krisis Sri Lanka Bisa Menjalar ke Indonesia, Pengamat: Tim Ekonomi Jokowi Jangan Leha-leha

Langkah itu diambil perdana menteri baru tersebut setelah terjadi bentrokan dengan kelompok anti pemerintah yang menewaskan sembilan orang.

Aksi unjuk rasa damai menentang pemerintah yang berlangsung lebih dari sebulan berubah menjadi kekerasan pekan ini setelah para pendukung mantan PM Mahinda Rajapaksa menyerbu kamp demonstran anti pemerintah di ibu kota Kolombo. Mereka membakar tenda dan bentrok dengan demonstran.

Sri Lanka yang terhantam keras oleh pandemi, lonjakan harga minyak dan pemangkasan pajak oleh pemerintah yang populis, berada dalam krisis ekonomi terburuk sejak merdeka dari Inggris pada 1948.

Cadangan devisa negara itu telah menyusut, inflasi tak terkendali dan kelangkaan bahan bakar telah memicu protes jalanan oleh ribuan orang.

Tinggalkan Komentar