Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Startup Klassku Kembangkan Platform Pendidikan Berbasis Teknologi

Rabu, 13 Jul 2022 - 21:49 WIB
Startup Klassku Kembangkan Platform Berbasis Teknologi
Startup Klassku Kembangkan Platform Berbasis Teknologi

Startup Klassku yang sebelumnya dikenal sebagai aplikasi edutech siap mengembangkan layanannya untuk dukung para guru di sistem pembelajaran hybrid di era pandemi dan perjalanan menuju endemi.

Chief Operating Officer Klassku Tony Siahaan dalam keterangannya, Rabu (13/07/2022) mengatakan pivot yang kami lakukan berdasarkan adanya tantangan yang dialami oleh guru dan proses pembelajaran yang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.

“Saat ini di mana hampir semua lini kehidupan dituntut untuk serba digital, Klassku terus mendorong para guru untuk selalu berkembang dan melek digital dalam proses mengajar melalui video learning,” katanya.

Memasuki kuartal II 2022, startup yang didirikan pada tahun 2018 ini akan fokus pada pengembangan platform edukasi dan pembelajaran berbasis konsep merdeka belajar dengan memanfaatkan pertemuan offline dan online atau dikenal dengan istilah hybrid.

Baca juga
Solusi Ramah Lingkungan Suzuki bagi Konsumen Indonesia

Dengan konsep baru sebagai platform pendidikan, baik guru maupun siswa dapat menjadi pembuat sekaligus penikmat konten dalam satu aplikasi Klassku. Dukungan ini dalam rangka mencerdaskan siswa Indonesia menghadapi bonus demografi di tahun 2045.

Di layanan terbarunya ini, Klassku membantu para guru dengan memberikan pelatihan untuk membuat konten pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam belajar.

Klassku juga bermisi untuk meningkatkan kesejahteraan para guru melalui program insentif poin yang dapat ditukar dengan berbagai diskon di mitra merchant Klassku. Hal yang sama berlaku untuk siswa sebagai penonton video dimana siswa akan diberikan poin untuk setiap konten pelajaran yang mereka tonton. Skema ini dipercaya mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Baca juga
Samsung Kembangkan Teknologi Pengenalan Wajah Lebih Akurat untuk Galaxy S23

“Konsep Klassku pada dasarnya adalah menggabungkan dunia pendidikan dan pemasaran, di mana insentif atau budget yang ada di divisi pemasaran brand atau perusahaan dikoneksikan dengan konten pendidikan, dengan target mendorong perkembangan dan kesejahteraan para guru,” ujarnya

Di tengah kondisi pandemi yang berangsur mereda dan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilakukan, tetap perlu diingat bahwa konten digital ini juga memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa diakses sekolah offline.

Klassku mendukung penuh pengembangan kreativitas guru-guru dengan pendampingan konten dari tim Klassku. Harapannya, guru akan beradaptasi menjadi fasilitator dan siswa akan aktif mencari konten-konten tersebut di aplikasi Klassku,” tutur Tony.

Baca juga
Peningkatan Literasi dan Numerasi untuk Guru SMP Melalui Quipper School Premium

Sementara itu dari segi quality control, Klassku memiliki peraturan yang tegas dalam pemuatan video. Selain itu, mekanisme review dilakukan berdasarkan rating dan report yang bersifat user-based review.

Klassku juga mendukung sistem pembelajaran di SMP/SMA Ragunan tahun ajaran 2022-2023 Sebagai komitmennya dalam mendukung sistem pembelajaran hybrid, Klassku berkolaborasi dengan SMP/SMA Ragunan, Jakarta Selatan.

Tinggalkan Komentar