Status Gunung Semeru Naik ke Level Siaga

Gunung Semeru - inilah.com
Antara

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Semeru dari level 2 (waspada) menjadi level 3 (siaga).

Status Semeru dinaikkan sejak Kamis (16/12/2021) malam pukul 23.00 WIB.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan, aktivitas awan panas guguran masih berpotensi terjadi dikarenakan adanya endapan aliran lava (lidah lava) dengan panjang aliran ± 2 km dari pusat erupsi.

“Aliran lava tersebut masih belum stabil dan berpotensi longsor terutama di bagian ujung alirannya, sehingga bisa mengakibatkan awan panas guguran. Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Api Semeru,” kata Eko dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Baca juga  Fraksi NasDem Tegur Hillary Brigitta Karena Minta Ajudan TNI

Data BMKG juga mengungkapkan bahwa musim hujan diperkirakan masih akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Secondary explosion juga berpotensi terjadi di sepanjang aliran sungai apabila luncuran awan panas yang terjadi masuk/kontak dengan air sungai.

“Mengingat kegiatan Gunung Api Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava maka Badan Geologi menyatakan tingkat aktivitas Gunung Api Semeru dinaikan dari level waspada menjadi siaga (Level III) terhitung mulai pukul 23:00 WIB,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar