Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Strategi Honda Pertahankan Pangsa Pasar di Indonesia

Honda Pangsa Pasar

Public Relation and Digital Manager Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili mengatakan Honda melakukan beberapa strategi untuk mempertahankan pangsa pasar pada tahun 2022 di tengah krisis pasokan semikonduktor, salah satunya dengan melakukan prioritas produksi.

“Sudah banyak antisipasi yang kami jalankan. Kami melakukan prioritas produksi untuk model-model yang demand-nya tinggi sehingga konsumen bisa mendapatkan produk lebih cepat,” kata pria yang akrab disapa Arfi ini saat diskusi secara virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Selasa (15/2/2022).

“Mau tidak mau, apapun yang kami dapat komponennya, kita produksi dulu yang demand-nya tinggi, untuk mempertahankan demand and supply supaya seimbang,” lanjut dia.

Baca juga
Kembali Naik, Penjualan Mobil Honda Sepanjang April Tembus 10.000 Unit

Selain itu, Arfi juga mengatakan pihaknya berusaha mempertahankan supply chip dengan menambah opsi pasokan dari produsen lain.

“Dulu ada wacana untuk bagaimana supaya kita tidak bergantung pada importasi. Ini juga salah satu hal yang kita pelajari. Pada akhirnya, manajemen produksi itu salah satu yang paling penting,” ujar dia.

Meski pangsa pasar Honda pada 2021 sempat turun karena masalah pasokan komponen, Arfi mengatakan Honda tetap memiliki target untuk mempertahankan pangsa pasar setidaknya di angka 14 persen pada 2022 seperti sebelum pandemi.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya berharap bahwa masalah komponen dapat membaik di tahun 2022 agar perusahaan dapat kembali meningkatkan pangsa pasar. Selain itu, wacana relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tahun ini juga diharapkan segera terealisasi.

Baca juga
NFT hingga AI, Ini 4 Tren Teknologi yang Akan Mengubah Dunia di Tahun 2022

“Februari ini juga mudah-mudahan kepastian regulasi PPnBM sudah clear, dan mudah-mudahan kita bisa lebih banyak melakukan produksi. Kami harap juga gelombang tiga pandemi ini berlalu lebih cepat, pameran kembali berjalan, mobil-mobil banyak di-launching lagi,” imbuh Arfi.

“Januari 2022 ini penjualan Honda sedikit turun tapi masih sesuai proyeksi, tapi di Februari dan Maret ini kami optimis bahwa market sudah akan meningkat lagi,” pungkas dia.

Tinggalkan Komentar