Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Strategi Kembangkan Bisnis secara Digital Agar Optimal

Sabtu, 01 Okt 2022 - 17:37 WIB
Bisnis secara Digital
Istockphoto

Mengutip data We are Social Hootsuite, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 202,6 juta pengguna, ada 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Karena itu, pemasaran bisnis di media sosial akan menjadi efektif dan efisien dalam menjangkau pelanggan. Namun, tak banyak pelaku usaha yang memahami strategi pengembangan bisnis secara digital.

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makassar Sartika Sari Wardanhi menjelaskan terdapat sejumlah trik untuk mengembankan bisnis secara digital. Salah satu caranya adalah memanfaatkan algoritma di media sosial.

“Algoritma adalah sebuah program yang memproses input data yang kemudian menjadi keluaran atau output. Dalam konteks pemasaran digital, algoritma di media sosial tidak hanya tentang bagaimana sebuah pesan diproduksi, tetapi juga harus fokus bagaimana melakukan interaksi dengan audiens,” kata Sartika Sari Wardanhi saat hadir di webinar berjudul “Kreatif dan Inovatif Kembangkan Bisnis Berbasis Teknologi Digital” baru-baru ini.

Baca juga
INFOGRAFIS: Indonesia-China Teken Kontrak Dagang Produk Perikanan

Dalam konteks pemasaran, algoritma merupakan program permainan dan bagaimana cara menemukan sesuatu.

“Ada tiga kunci untuk untuk menyiasati algoritma, yaitu branding, konten, dan percakapan di media sosial. Branding dalam konteks algoritma adalah bagaimana agar calon konsumen maupun konsumen yang sudah ada membicarakan produk kita,” tambah Sartika.

Sartika menguraikan, konsep dasar algoritma adalah memanfaatkan dan merekam history atau rekam jejak saat kita berselancar di media sosial.

Algoritma akan mengelola rekomendasi dan hasil penelusuran yang digunakan dalam platform media sosial. Beberapa hal yang direkam dalam algoritma adalah lokasi, waktu, dan hal yang paling kita sukai.

Baca juga
Di Ranah Digital, Inilah Jajaran Merek Paling Populer 2022

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Tinggalkan Komentar