Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Stress Penyebab Timbunan Lemak yang Berakhir Obesitas

Selasa, 25 Jan 2022 - 15:51 WIB
Stress - inilah.com
istimewa

Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB Prof Dr. Hardiansyah menjelaskan timbulnya masalah obesitas saat ini bukan hanya disebabkan karena kurang aktivitas fisik dan makanan, tapi banyak penyebabnya. Salah satu penyebab yang bisa menimbulkan obesitas adalah stress.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan kasus obesitas di Indonesia menjadi semakin meningkat. Berdasarkan data dari Kemenkes, 1 dari 3 orang dewasa Indonesia mengalami kelebihan berat badan. Kemudian, 1 dari 5 anak usia 5-12 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Hardiansyah menyebut penyebab obesitas pada orang dewasa atau remaja bisa karena adanya stress.

“Kalau pada orang dewasa atau remaja obesitas bisa bisa karena stres yang menimbulkan inflamasi, inflamasi menimbulkan penumpukan lemak,” kata Hardiansyah, ditulis di Jakarta, Selasa, (25/01/2022).

Baca juga
Stunting dan Obesitas jadi Masalah Kesehatan yang Belum Usai

Selain itu kurang tidur atau kelebihan tidur yang meningkatkan hormon ghrelin. Hormon ini membuat seseorang menjadi sering lapar.

”Mulailah dengan mengelola faktor penyebab utama seperti stress, terus jangan sampai stress, harus perbanyak aktivitas fisik dan mengatur waktu tidur, pantau berat badan dan lingkar pinggang,” tambahnya.

Stress adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Kemudian, ini adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita. Remaja bereaksi terhadap stress dengan cara yang berbeda-beda. Meskipun hal tersebut dapat membantu menjadi lebih waspada dan antisipasi ketika dibutuhkan, namun dapat juga menyebabkan gangguan emosional dan fisik.

Baca juga
Menguak Fakta Tidur Telanjang, Menyehatkan atau Malah Bikin Masuk Angin?

Adapun cara mengatasi stress adalah dengan beberapa langkah. Berikut adalah caranya:

1. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

2. Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan

3. Kembangkan hobi yang bermanfaat

4. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan

5. Berpikir positif

6. Tenangkan pikiran dengan relaksasi

7. Jagalah kesehatan dengan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan makanan bergizi seimbang, serta terapkan perilaku bersih dan sehat.

Tinggalkan Komentar