Studi: Tema Teknologi Ramai Dibicarakan di Twitter

Studi: Tema Teknologi Ramai Dibicarakan di Twitter - inilah.com
(foto:twitter)

Twitter Indonesia merilis enam tren percakapan Twitter di Indonesia berdasarkan analisa percakapan tiga tahun terakhir. Dalam laporan itu terjadi adanya peningkatan percakapan di sejumlah pokok bahasan selama setahun terakhir. Percakapan tentang teknologi, kesejahteraan, dan kreativitas jadi tema yang paling ramai dibicarakan warganet di media sosial Twitter.

Pandemi menjadi faktor penting yang menyebabkan tema-tema tersebut menjadi pokok pembahasan. Hal itu mengemuka dalam Laporan Tren Percakapan di Twitter.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Ardiansah mengatakan, dalam dua hari ada sekitar 1 miliar percakapan yang berseliweran di Twitter. Percakapan tersebut cukup merefleksikan apa yang diharapkan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia.

Baca juga  Siap Pembelajaran Tatap Muka, Waspada Long Covid-19 pada Anak

”Dalam tiga tahun terakhir kami merekam tema percakapan apa yang menjadi tren. Ada enam tren yang mendominasi, yaitu kesejahteraan, budaya kreatif, keajaiban sehari-hari, lingkungan, teknologi, dan indentitas pribadi,” ungkap Ardiansah.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Ardiansah menyampaikan paparan Tren Percakapan di Twitter 2021, Kamis (16/9/2021). Percakapan tentang teknologi, kesejahteraan, dan kreativitas jadi tema yang paling ramai dibicarakan warganet di media sosial Twitter.

Keenam tema tersebut, lanjut Ardiansah, banyak terpengaruh pada situasi pandemi yang terjadi hampir dua tahun terakhir ini. Pandemi yang punya dampak cepat dan besar ini menjadi topic pembicaraan sejak awal 2020.

Baca juga  Korut Serem, Urusan Jaket Sampai Film Bisa Dihukum Mati

Dari enam tema tersebut, percakapan tentang teknologi, kesejahteraan, dan budaya kreatif mengalami peningkatan jumlah percakapan yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut didapat dengan membandingkan tema yang sama dalam dua periode yang berbeda, yaitu pada Juli 2018-Desember 2019 dengan Januari 2020-Juni 2021

”Teknologi menjadi tema yang mengalami peningkatan paling tinggi. Percakapan tentang teknologi meningkat 89 persen dari periode sebelumnya. Pandemi yang memaksa keterbatasan sosial membuat segalanya menjadi virtual dan mengandalkan teknologi,” ungkapnya.

Dalam tema percakapan teknologi, lokapasar menjadi salah satu topik perbincangan. Perbincangan lokapasar bahkan diklaim naik 254 persen dari periode sebelumnya.

Baca juga  Asyik, Game Battlefield Mobile Siap Dijajal di Android