Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo di TPU Lubang Buaya

Selasa, 22 Nov 2022 - 16:50 WIB
Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo
Dokumentasi Inilah.com/Reyhaanah

Suasana pemakaman Ki Joko Bodo berlangsung khidmat. Ki Joko Bodo dimakamkan di Gang Kober, Lubang Buaya Jakarta Timur pada Selasa (22/11/2022) siang. Jenazah dibawa menggunakan ambulance beriringan dan diantar oleh keluarga dan warga sekitar.

 Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo
Dokumentasi Inilah.com/Reyhaanah

Cuaca ketika prosesi pemakaman terbilang cukup teduh dan khidmat, ramai dengan kerabat dan teman media yang ikut menyampaikan belasungkawa. Suasana haru ikut mengiringi kepergian Ki Joko Bodo.

 Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo
Dokumentasi Inilah.com/Reyhaanah

Rayda Paraiven, anak dari Ki Joko Bodo tampak menitikan air mata ketika melihat proses kepergian sang ayah untuk terakhir kalinya. Sebelum proses pemakaman selesai, jenazah Ki Joko Bodo sempat di azankan kemudian doa ikut dipanjatkan.

 Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo
Dokumentasi Inilah.com/ Reyhaanah

Ustaz yang membimbing kepulangan Ki Joko Bodo menyampaikan bahwa selama ini banyak isu-isu miring mengenai Ki Joko Bodo. Ia menyampaikan bahwa Ki Joko Bodo adalah seseorang yang baik.

“Atas nama organsisasi Nahdlatul Ulama, bahwa almarhum ini mengaktifkan Lembaga Sebumi ( Seniman Budayawan Muslimin Indonesia),” paparnya.

Ustaz tersebut mengatakan bahwa Ki Joko Bodo ini lama mengabdi di NU. Lebih lanjut, Istana Ki Joko Bodo ini sudah dijadikan sebagai majelis dzikir dan shalawat.

 Suasana Pemakaman Ki Joko Bodo
Dokumentasi Inilah.com/Reyhaanah

“ Istana Wong Sintinx sudah menjadi majelis dzikir dan shalawat. Sudah beberapa kali ada kegiatan di kediamannya,” paparnya.

Proses Pemakaman kemudian di tutup dengan tahlil dan doa beserta para warga yang masih beriringan ikut takziah ke makam Ki Joko Bodo.

Sahabat ikut kehilangan Ki Joko Bodo

Paranormal Ki Joko Bodo meninggal dunia atau tutup usia. Kabar meninggalnya Ki Joko Bodo terlihat pada unggahan instagram story dari Ki Prana Lewu.

“Innalilahi wa Inna ilaihi Raji’un, selamat jalan Ki Joko Bodo,” tulis Ki Prana Lewu.

Ki Joko Bodo memiliki nama asli Agus Yulianto. Ia menjadi salah satu paranormal yang kondang di Indonesia.

Usai melewati perjalanan panjang menjadi paranormal, kini Ki Joko Bodo telah hijrah dan menjadi sosok religius.

Terkait kondisinya, ia tidak bisa jalan sejak 2020. Ki Joko Bodo yang sempat sakit itu bahkan sampai menggunakan tongkat. Belakangan, beredar kabar di TikTok, Ki Joko Bodo justru sudah sembuh.

Ki Joko Bodo rajin beribadah

Melalui instagram pribadinya, Ki Prana Lewu juga bersaksi bahwa sebelum meninggal dunia, Ki Joko Bodo sempat menjalankan ibadah salat.

“Saya menjadi saksi, bahwa saat azan tiba, almarhum langsung berada di mushola untuk melaksanakan salat,” ujarnya.

Doa-doa terbaik dari Ki Prana Lewu terus tercurahkan. Hal tersebut agar Ki Joko Bodo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu Wata’alla.

Melalui postingan tersebut, Ki Prana Lewu juga mendoakan Ki Joko Bodo agar amal ibadahnya diterima Allah.

“Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT. Aamiin YRA,” tambahnya.

Ki Joko Bodo yang bertempat tinggal di Cipayung, Jakarta Timur itu tutup usia pada 57 tahun.

Tinggalkan Komentar