Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Sudah 2 Bulan Aceh Barat Nihil Kasus COVID-19

Sudah 2 Bulan Aceh Barat Nihil Kasus COVID-19
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, Adlin. Foto: Antara

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, Adlin mengatakan sudah dua bulan lamanya, Kabupaten Aceh Barat nihil kasus COVID-19. Menurutnya, kasus COVID-19 terakhir yang tercatat terjadi di Aceh Barat pada akhir Maret 2022, dan ketika memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah tidak ditemukan lagi kasus baru.

“Alhamdulillah, nihilnya kasus COVID-19 hampir dua bulan ini sangat menggembirakan,” kata Adlin, Kamis (12/5/2022).

Meski belum ditemukan kasus baru COVID-19 di Aceh Barat, pihaknya berharap masyarakat agar terus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Baca juga
30.523 Pelanggan PLN di Lumajang Terdampak Letusan Semeru

“Kami meminta masyarakat agar tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah,” tambah Adlin.

Ia juga menjelaskan sejak April 2020, total kasus penularan COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat mencapai 1.185 kasus, dengan angka kematian warga mencapai 70 orang, dan warga yang selesai menjalani isolasi mandiri mencapai sebanyak 1.115 orang.

Sementara itu, Polda Aceh menyatakan, vaksinasi COVID-19 dosis pertama yang dilakukan oleh pihaknya telah mencapai 100,05 persen dari sasaran 4,03 juta orang. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy menyatakan, cakupan dosis pertama di Aceh sudah sempurna.

Baca juga
Polisi Buru Penembak Pospol di Aceh Barat

“Capaian ini tentu melebihi sasaran yang ditetapkan pemerintah,” kata Winardy.

Menurutnya,  keberhasilan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama ini tidak terlepas dari kerja keras jajaran yang terlibat dalam program vaksinasi.

“Saat bulan puasa, vaksinasi dilakukan di malam hari. Selain itu juga vaksinasi di pos pelayanan Operasi Ketupat Seulawah 2022 dalam rangka pengamanan lebaran Idul Fitri. Pola ini memberikan efek positif terhadap capaian vaksinasi Polda Aceh dan jajaran,” tuturnya. [WIN]

Tinggalkan Komentar