Sulit Bernapas, Chicco Jerickho Jalani Perawatan di HCU

Sulit Bernapas, Chicco Jerickho Jalani Perawatan di HCU - inilah.com
istimewa

Aktor Chicco Jericho membeberkan kisahnya ketika mengalami kesulitan bernapas dan harus menjalani perawatan di HCU (High Care Unit).

Pengalaman yang sangat berharga tersebut dia ungkapkan pada akun instagram pribadinya @chicco.jerikho, Jakarta, Jumat, (08/10/2021). Dia mengakui belakangan ini kerap melihat teman-temannya yang tiba-tiba masuk rumah sakit.

Sontak dia langsung mengingat pengalaman pribadinya yang sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam hingga 39,3 derajat dan kesulitan bernapas. Kisahnya ini dia bagi sebagai pengingat agar setiap orang bisa saling menjaga diri.

“Beberapa waktu lalu gua sempat dilarikan ke rumah sakit karena suhu badan gua tinggi mencapai 39,3 dan yang gua rasain saat itu sesak di dada kayak ada yang nekan sampai sulit bernafas. Padahal dari pagi sampai sore gua masih beraktivas kayak biasa, bahkan masih berolahraga dan shooting,” tulis Chicco.

Baca juga  Pemuka Agama Tersangkut Kasus Penodaan Agama Sepanjang 2016-2021

Pemain film Filosofi Kopi itu menjalani observasi selama semalam di ruang IGD. Beberapa tahap pemeriksaan dia jalani, mulai dari dipasang infus, CT Scan, EKG, dan lainnya.

“Gua di observasi semalaman di Ruang IGD. Tangan diinfus dan seingat gua 2 kali di CT Scan sampai EKG. Semua sudah di check untuk melihat fungsi jantung, paru dan organ tubuh yang lainnya pada malam itu. Dokter juga melakukan test PCR dan test DHF (demam berdarah) hasilnya negatif,” tambahnya.

Kondisi bapak satu anak itu belum kunjung membaik. Dia disarankan untuk masuk ruang HCU agar mendapat perawatan yang ekstra dengan menggunakan alat-alat perawatan penunjang lainnya.

Baca juga  SBY Singgung Jokowi, Tak Ada Resep yang Ajaib

“Saat itu Kondisi heart rate gua di bawah 50 dan tensi rendah sampai 60/40, jujur dengarnya saja gua takut. Hal yang enggak pernah dibayangin sebelumnya masuk ruang HCU,” katanya.

Ada tiga dokter spesialis yang menanganinya yaitu spesialis jantung, anastesi dan spesialis penyakit dalam. Setelah dilakukan pengecekkan, Chicco menjelaskan dokter mendiagnosis ada infeksi virus (sepsis).

“Itu yang bikin badan gue drop dalam waktu cepat sampai akhirnya harus dibawa ke rumah sakit. tapi penyebabnya karena apa? sampai sekarang belum ada jawabannya,” ujarnya.

Usai menjalani perawatan selama tiga hari di HCU, akhirnya suami dari Putri Marino itu langsung dipindahkan ke ruangan rawat inap.

Baca juga  Ini Poin yang Dianggap Tidak Jelas dalam Permendikbudristek No.30 No. 2021

“Jujur, kayak dapat kesempatan hidup yang kedua. Karena saat itu kondisi gua dinyatakan sama dokter sudah kritis,” tulisnya.

Cerita ini menurut Chicco bisa menjadi sebuah pengingat untuk masyarakat selalu menjaga dan menjadi kesehatan sebagai prioritas utama. Karena penyakit bisa saja datang kapan saja dan menyerang siapa saja.

Tinggalkan Komentar