Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Sumut Surganya Kopi, Baru Empat Bulan Ekspornya Tembus Rp1,48 Triliun

Sumut Surganya Kopi, Baru Empat Bulan Ekspornya Tembus Rp1,45 T
Ekspor kopi

Baru empat bulan, ekspor kopi di Provinsi Sumatera Utara tembus Rp1,48 triliun. Kopi sebanyak 18.630 ton itu dikirim ke sejumlah negara. Jangan remehkan kopi Medan bung.

Kepala Karantina Pertanian Belawan Andi PM Yusmanto di Medan, Senin (11/4/2022), mengatakan, berdasarkan data IQFAST Badan Karantina Pertanian, permohonan sertifikasi kopi ekspor itu untuk ke berbagai negara, mulai dari Republik Rakyat China (RRC) maupun Vietnam yang juga penghasil komoditas itu.

Selain ke China dan Vietnam, kata dia, biji kopi Sumut juga diekspor antara lain ke Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, Belgia, Korea Utara, dan Belanda. “Biji kopi itu termasuk salah satu dari 10 komoditas pertanian Sumut yang rutin diekspor setiap bulannya,” kata Andi PM Yusmanto.

Baca juga
TASPEN akan Implementasikan Semangat Kartini dalam Kinerja Perusahaan

Karantina Pertanian Belawan, lanjut dia, terus mendorong peningkatan ekspor biji kopi dan komoditas pertanian lainnya untuk mendukung petani dan eksportir.

Sekaligus, katanya, untuk mendukung dan mensukseskan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks) yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Karantina Pertanian Belawan, lanjutnya, terus memberikan bimbingan teknis pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari, SPS Measure, sesuai yang dipersyaratkan negara tujuan ekspor. “Harapannya ekspor kopi Sumut di tahun 2022 bisa lebih besar dari 2021 karena COVID-19 sudah mereda,” katanya.

Pada 2021 ekspor kopi biji Sumut sudah sebanyak 64.738 ton atau senilai Rp3,913 triliun.

Baca juga
Waskita Karya Bakal Lego Empat atau Lima Ruas Tol di 2022

 

Tinggalkan Komentar