Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Survei: 37 Persen Gen Z dan Milenial Mulai Sering Siapkan Sarapan Pagi

gen z dan milenial
foto: unsplash

Menurut survei Herbalife Nutrition bertajuk Asia Pacific Breakfast Habits Survey 2021 yang dibuat untuk memahami dampak pandemi yang memicu perubahan positif dalam kebiasaan sarapan konsumen di Asia Pasifik, telah didapati bahwa dua dari lima atau  37 persen Gen Z dan Milenial mulai lebih sering menyiapkan sarapan pada pagi hari.

Kemudian, setengah dari responden sudah memulai untuk melakukan sarapan, mereka mulai melakukan sarapan enam sampai tujuh hari per minggu. Selama setahun terakhir, banyak orang tinggal di rumah akibat pandemi, kebiasaan baru yang terbentuk.

Membentuk sebuah kebiasaan baru tidak selalu mudah. Dibutuhkan tekad, kemauan yang kuat, dan lingkungan yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru.

“Dalam hal kebiasaan sarapan harus mempertimbangkan dua hal utama yaitu frekuensi sarapan dan nutrisi yang terkandung dalam menu sarapan sehat,” kata Susan Bowerman, Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, seperti yang inilah.com kutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis, (17/02/2022).

Baca juga
Pandemi, Pria Kini Lebih Peduli pada Penampilan

Seperti yang diungkapkan dalam survei, Gen Z dan Milenial meningkatkan frekuensi sarapan mereka karena motivasi mereka untuk meningkatkan kesehatan (65 persen); memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan (48 persen); dan keinginan mereka untuk memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan perubahan gaya hidup lebih positif (41 persen).

Sebagai tambahan informasi, mereka juga sudah mulai makan lebih sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah (57 persen); memastikan asupan dengan nutrisi yang seimbang (54 persen); dan meminum lebih banyak air putih (52 persen).

“Meskipun sudah ada perubahan positif pada kebiasaan sarapan mereka, namun menjadikan sarapan sebagai komitmen harian memang membutuhkan usaha dan tekad untuk memastikan bahwa kebiasaan baik ini tetap berjalan secara terus menerus,” tambahnya.

Baca juga
Tips Jaga Anak Terhindar dari DBD

Jangan melewatkan sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Namun, apabila Anda bekerja dari rumah atau di kantor, sangat mudah bagi Anda untuk melewatkan sarapan karena adanya keinginan memperpanjang waktu tidur untuk beberapa menit.

Terutama pada hari-hari ketika sulit untuk bangun pagi karena hujan atau karena Anda tidur terlalu larut pada malam harinya.

“Dengan mengingat hal ini, mungkin membuat beberapa perubahan sederhana pada kehidupan sehari-hari dapat membantu, seperti bangun 15 menit lebih awal setiap hari untuk menyiapkan sarapan sehat yang praktis dan bergizi,” paparnya.

Memasukkan sarapan bergizi setiap hari

Ketika memilih apa yang akan dimakan untuk sarapan, sarapan yang sehat dan bergizi seimbang harus mengandung jumlah protein yang layak yaitu 20-30 gram adalah target yang baik.

Baca juga
Ini Alasan Tukul Harus Jalani Fisioterapi Tiga Kali Sehari

Ini membantu mengurangi rasa lapar dan mendukung kesehatan otot, dan bersama dengan beberapa karbohidrat sehat dapat memberikan energi dan serat. Karbohidrat harus mencakup, setidaknya, beberapa buah atau sayuran. Jika membutuhkan kalori yang lebih, tambahkan beberapa biji-bijian.

Pada hari-hari saat Anda menginginkan sarapan lengkap yang memberikan keseimbangan nutrisi yang tepat untuk tubuh Anda, sarapan dengan protein shake adalah pilihan yang baik untuk dipertimbangkan. Sangat mudah untuk disiapkan dan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan benar.

Konsumsi sarapan yang sehat dapat memberi Anda banyak manfaat dalam jangka panjang. Hal yang Anda butuhkan untuk bisa melakukan sarapan sehat setiap hari hanya menyisihkan sedikit waktu dan sebuah komitmen jangka panjang.

Tinggalkan Komentar