Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Survei: Elektabilitas Airlangga di Atas Prabowo, Ganjar, dan Andika Perkasa

Rabu, 08 Jun 2022 - 21:07 WIB
airlangga
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (foto kemenko perekonomian)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto muncul dalam survei yang digelar Citra Network Nasional (CNN) sebagai tokoh pemerintahan dengan elektabilitas tertinggi jika pemilu digelar hari ini.

Direktur Eksekutif CNN Ahmad Zaki mengatakan nama Airlangga berada di atas nama-nama lain seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Ketua Umum Partai Golkar itu dipilih sebanyak 29,2 persen dari 2.200 responden. Kemudian Prabowo Subianto di angka 12,2 persen, Ganjar Pranowo 11,8 persen, dan Andika Perkasa 4,4 persen.

“Ada korelasi pilihan reponden terhadap Airlangga yang menggawangi kebijakan di bidang perekonomian,” kata Zaki, Rabu (8/6/2022).

Baca juga
Airlangga Pastikan KIB Usung Capres dari Internal

Menurutnya, responden lebih menginginkan sosok presiden pengganti Joko Widodo yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat. Dari survei CNN ini, hampir 96,4 persen responden ingin presiden yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Sosok presiden yang merakyat dan populer hanya diinginkan sebanyak 38,2 persen. Sosok seperti ini digambarkan dalam karakter Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sementara, hanya 35,2 persen responden yang menginginkan sosok pemimpin yang tegas seperti karakter Prabowo Subianto.

Tingginya elektabilitas Airlangga juga berkorelasi dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf dalam hal pemulihan ekonomi. Sebanyak 84,2 persen reponden mengaku puas dengan kinerja pemerintahan di bidang ekonomi.

Baca juga
Pengamat: Rekam Jejak Belum Oke, Pemilih Jokowi Sulit Dukung Sandi

“Airlangga dinilai sebagai seorang figur yang mampu membangkitkan kondisi perekonomian nasional. Kemampuan itu ada pada Airlangga yang memang selama ini dikenal piawai dalam menangani masalah ekonomi. Apalagi posisinya yang saat ini menjabat Menteri Perekonomian,” ujarnya.

Masih dalam survei yang sama, preferensi responden terhadap pilihan partai politik sangat ketat di posisi tiga besar. Ahmad Zaki menuturkan, dalam survei yang digelar pada 16 hingga 30 Mei 2022 ini, Golkar menempati urutan pertama dengan 18,2 persen. Posisi Golkar ditempel ketat Partai Gerindra dengan 17,7 persen dan PDIP dengan 16,3 persen.

Survei CNN digelar di 478 kabupaten/ kota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar -/+ 2.08 persen.

Tinggalkan Komentar