Survei Litbang Kompas: Prabowo dan Ganjar Sama Kuat, Anies Posisi Ketiga

Survei Litbang Kompas: Prabowo dan Ganjar Sama Kuat, Anies Posisi Ketiga - inilah.com

Meski Pemilu Presiden (Pilpres) masih tiga tahun lagi, namun saat ini sudah mulai muncul nama-nama potensial yang bakal diusung sebagai calon presiden (capres) 2024.

Litbang Kompas pada Senin (18/10/2021) telah mengeluarkan hasil survei terkait Pilpres dan kandidat capres 2024. Nama-nama yang muncul dalam survei tidak jauh berbeda dengan nama-nama yang sudah beredar di media selama ini.

Litbang Kompas melakukan survei pada 26 September-9 Oktober 2021. Nama-nama yang muncul dalam survei itu masih diisi dengan nama-nama yang sering disebut media.

Dalam survei Litbang Kompas nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sama-sama kuat dengan perolehan (13,9 persen).

Baca juga  Tak Mau Ada Lagi Polisi Gagah-gagahan Langgar SOP, Kapolda Metro Bentuk Tim Khusus

Posisi kedua diisi oleh nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan perolehan (9,6 persen). Selanjutnya Ridwan Kamil (5,1 persen), Tri Rismaharini (4,9 persen), Sandiaga Uno (4,6 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (4,5 persen).

Selain itu ada nama tokoh lain yang elektabilitasnya di bawah 2 persen, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (1,9 persen), Mahfud MD (1,2 persen), Gatot Nurmantyo (1,1 persen), Gibran Rakabumi Raka (0,3 persen), Wiranto, Dedi Mulyadi, Megawati Soekarnoputri, Anindra Ardiansyah Bakrie, Hary Tanoesoedibjo masing-masing memperoleh 0,2 persen. Sisanya 0,8 persen memilih calon lain.  

Dalam survei ini Litbang Kompas menggunakan responden sebanyak 1.200 dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga  Fotonya Mejeng di ATM Himbara, Menteri Erick Kampanyekan AKHLAK

Tinggalkan Komentar