Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Survei SMRC: Pemilih Anies Sudah Banyak Beralih ke NasDem

Kamis, 06 Okt 2022 - 16:48 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Screen Shot 2022 10 06 At 17.01.10 - inilah.com
Tangkapan layar Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani dalam rilis dan diskusi bertajuk “Anies Baswedan dan Pemilih NasDem”, dipantau dari kanal YouTube SMRC TV, Jakarta, Kamis (6/10/2022) (Foto: Antara)

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani menyebutkan Partai NasDem telah menarik pemilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdasarkan survei nasional SMRC mengenai tren elektabilitas NasDem pada Agustus 2022. Pencalonan Anies sebagai Capres oleh NasDem bisa memperkuat NasDem di wilayah yang selama ini mereka lemah.

“Kelihatan NasDem pada survei Agustus 2022 sudah mulai menarik massa pemilih Anies secara lebih kuat ketimbang massa pemilih dua calon presiden yang lain. Ini terjadi setelah pengumuman tiga tokoh oleh NasDem,” kata Deni Irvani dalam rilis dan diskusi bertajuk Anies Baswedan dan Pemilih NasDem, dipantau dari kanal YouTube SMRC TV, Jakarta, Kamis (6/10?2022).

Baca juga
Siang Ini, Prabowo Temui Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem

Dari Mei 2021 ke Agustus 2022, kata Deni Irvani, dukungan pada NasDem dari pemilih Anies Baswedan mengalami peningkatan. Pada bulan Mei 2021, dukungan dari pemilih Anies terhadap NasDem sebesar 3,8 persen, sedangkan pada bulan Agustus 2022 meningkat menjadi 8,1 persen.

Dia menambahkan, pada periode yang sama dukungan kepada NasDem dari pemilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mengalami banyak perubahan, yakni dari 2,7 persen pada bulan Mei 2021 menjadi 3,7 persen pada bulan Agustus 2022.

Ia menyebutkan dukungan dari massa pemilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto cenderung mengalami penurunan. “Dukungan dari pemilih Prabowo menurun dari 4,1 persen (pada bulan Mei 2021) menjadi 1,8 persen (pada bulan Agustus 2022),” ucap Deni.

Baca juga
Adili Ferdy Sambo, PN Jaksel Jangan Jadi Kuburan Keadilan

Selain itu, Deni juga menilai proporsi pemberitaan kedekatan antara NasDem dan Anies lebih banyak daripada pemberitaan kedekatan antara NasDem dan dua tokoh lainnya. “Kedekatan NasDem dan Anies sudah bisa ditemukan di pemberitaan setahun yang lalu. Makin dipersepsikan dekat dengan Anies ketimbang dengan Ganjar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Deni menganggap wajar apabila terdapat perubahan dukungan dari massa pemilih calon presiden kepada NasDem. “Pencalonan Anies oleh NasDem saya kira bisa memperkuat NasDem di wilayah yang selama ini mereka lemah,” kata Deni.

Ia mengungkapkan bahwa elektabilitas NasDem di luar Jawa lebih tinggi daripada di Jawa. Pada Pemilu 2014, suara NasDem paling kuat di Sumatera (7,9 persen), dan paling rendah di Jawa Barat (4,9 persen).

Baca juga
Kasih Jempol, Anies-Riza Kompak Hadiri Paripurna DPRD DKI Jakarta

Pada Pemilu 2019, suara NasDem paling kuat di wilayah Indonesia bagian timur (13,2 persen) dan paling rendah di Jawa Barat (5 persen).

Tinggalkan Komentar