Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Survei Terkini, Publik Apresiasi Kinerja Menko Airlangga Hartarto 

Rabu, 20 Jul 2022 - 18:38 WIB
Antarafoto Konferensi Pers Pertemuan Menteri Cpopc 190722 Fik 4 - inilah.com
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Datuk Zuraida Kamaruddin (kanan) dan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud (kiri) saat konferensi pers usai Ministerial Meeting-The Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (19/7/2022) - Foto: Antara

Survei terkini dari Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) menunjukkan publik mengapresiasi kinerja Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, khususnya dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Total 58,9% dari 1.225 responden mengaku puas dengan kinerja Ketum Golkar itu.

Program Manajer ARSC Bagus Balghi menuturkan, data ini membuktikan Airlangga mampu menjalankan perannya sebagai ujung tombak dalam pemulihan ekonomi sekaligus penanganan COVID-19. Penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi dimaksudkan untuk menghindari Indonesia dari ancaman resesi seperti yang dialami sejumlah negara di dunia.

“Masyarakat cenderung puas terhadap upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi, sebesar 58,9 persen,” tutur Bagus dalam rilis hasil survei ARSC, di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Sedangkan jumlah responden yang mengaku tidak puas terhadap upaya pemerintah menangani pandemi dan pemulihan ekonomi hanya di angka 37%. Sisanya, sebanyak 3,3% responden menjawab tidak tahu, dan 0,8% tidak bersedia menjawab.

Baca juga
Survei: Golkar Masih Menjadi Partai Paling Populer

Menurutnya, tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi ini selaras dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi. ARSC menemukan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi mencapai 56,3%.

“Demikian pula dengan kepuasan terhadap kinerja pemerintah Jokowi periode kedua, relatif tinggi sebesar 56,3%,” ujar Bagus.

Menariknya, survei ini juga menunjukkan mayoritas profil responden bekerja sebagai ibu rumah tangga. Dalam profil jenis pekerjaan responden, sebanyak 23,7% merupakan ibu rumah tangga.

Jenis pekerjaan terbesar kedua dan ketiga yang digeluti responden dalam survei ini yakni, wiraswasta/pengusaha sebanyak 22,8% dan karyawan swasta sebanyak 22,2% dari 1.225 responden.

Baca juga
Minyak Goreng Langka, Harga Sembako Meroket, Kok Bisa Kepuasan Kinerja Pemerintah Naik

Jenis pekerjaan yang jadi mayoritas responden menjadi yang paling terdampak pada tekanan pandemi COVID-19. Ibu rumah tangga, karyawan swasta, maupun pengusaha menjadi pihak yang paling tertekan dalam hal ekonomi selama pandemi COVID-19.

Tinggalkan Komentar