Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Surya Paloh Temui Jokowi Sampaikan Bakal Usung Anies sebagai Capres

Sabtu, 20 Agu 2022 - 00:49 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Biro Pers Setpres)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (19/8/2022) sore.

Menurut sumber inilah.com, Surya Paloh menemui Jokowi salah satunya terkait dengan akan diusungnya Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 oleh NasDem.

NasDem mengabarkan kepada Jokowi perihal akan mengumumkan Anies Baswedan sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Bila disetujui, Surya Paloh bakal mengumumkan segera. Namun jika Jokowi tidak setuju, dalam reshuffle kabinet berikutnya NasDem akan menarik menteri dan jadi oposisi. Dengan demikian, hampir pasti pada Oktober mendatang Anies sudah menjadi capres.

Ketika dikonfirmasi mengenai pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi, sejumlah elite politik NasDem enggan mengomentari.

Baca juga
Faisal: Ada Menteri Bisiki Jokowi Pakai Duit Pengusaha Asing untuk Bangun IKN

Politikus Partai NasDem Nurhadi yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI dapil Jawa Timur VI ketika dihubungi inilah.com meminta agar menanyakan soal itu ke pihak DPP NasDem. “Langsung tanya ke DPP saja,” ucapnya.

Adapun Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari yang juga dikonfirmasi soal pertemuan tersebut mengaku sedang tidak berada di Jakarta. “Mohon maaf saya sedang tidak di Jakarta, jadi tidak mengikuti kegiatan di Jakarta,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, dua partai politik yaitu PKS dan Demokrat sudah setuju mengusung Anies Baswedan. Namun sejauh ini PKS masih menunggu mekanisme internal partai meskipun petinggi PKS sudah menyetujui.

Baca juga
Ingin Ekonomi Melesat, Menko Airlangga Dorong Percepatan Penyelesaian 218 Proyek Infrastruktur di Jatim Senilai Rp294 Triliun

Begitupun dengan Demokrat yang menginginkan Anies diduetkan dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun dari informasi yang dihimpun, Demokrat bakal mengumumkan bakal capresnya masih menunggu waktu yang tepat.

Sebelumnya pada acara penutupan Rakernas Partai NasDem di Jakarta, Jumat (17/6/2022) malam, Surya Paloh mengatakan bahwa berdasarkan amanah Rakernas memutuskan ada tiga nama yang diusulkan oleh seluruh kader Partai NasDem sebagai bakal Capres 2024, yakni pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, dan ketigaGanjar Pranowo.

“Inilah tiga bakal calon presiden Indonesia yang akan diusung Partai Nasdem di Pemilu 2024,” ujar Surya Paloh, yang selanjutnya akan memutuskan satu dari ketiga nama tersebut sebagai capres yang akan resmi diusung.

Baca juga
Ternyata BLT dari Pak Jokowi Cuma "Goceng" Sehari

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar