Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Syafruddin: Festival Anak Sholeh Indonesia Miniatur MTQ Nasional

Syafruddin Anak Sholeh MTQ
(ist)

Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI Tingkat Nasional Tahun 2022 resmi digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 24-27 Maret 2022.

Agenda rutin tiga tahunan dari Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya di Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Jumat (25/3/2022).

Ketua Dewan Pembina BKPRMI Komjen Pol (Purn) Dr H Syafruddin MSi mengatakan, dipilihnya Palembang sebagai tuan rumah FASI XI karena selain memiliki pengalaman menggelar berbagai event nasional dan internasional, Provinsi Sumatera Selatan juga merupakan daerah zero buta huruf Alquran.

“Untuk itulah kita fokus memilih Sumatera Selatan (sebagai tuan rumah FASI XI),” tutur Syafruddin.

Baca juga
Foto: Syafruddin Silaturahmi ke Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

Ia pun menyebut ajang FASI ini merupakan miniatur Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional.

“FASI adalah miniatur MTQ Nasional. Bila MTQ diselenggarakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, maka kegiatan kita ini digelar oleh Organisasi Pemuda Islam dengan dukungan pemerintah,” tutur Syafruddin.

“Kami (dari BKPRMI) memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov Sumsel yang telah mendukung kegiatan FASI ini,” imbuhnya.

Dalam sambutannya saat pembukaan, Wagub Sumsel Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih kepada BKPRMI karena telah memilih Sumsel menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara FASI XI Tingkat Nasional 2022.

“Saya berharap dalam waktu tiga hari penyelenggaraan ini dapat memberikan kesan-kesan yang baik, yang belum pernah dirasakan para peserta dari provinsi lainnya,” ujarnya.

Baca juga
Gus Yahya Klaim dapat Dukungan Mayroritas Peserta Muktamar

Dijadikannya Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggaran FASI XI, menurut Mawardi, juga menjadi keberkahan bagi Provinsi Sumsel, karena selain memberikan dampak bagi perekonomian ini juga menumbuhkan semangat bagi anak-anak muda untuk lebih mencintai Alquran.

FASI XI diikuti oleh sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari anak-anak TPA perwakilan dari 28 provinsi di Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, ada 23 kategori perlombaan, di antaranya Tartil Alquran, Pidato Islami, Nasyid islami dan Cerdas Cermat Alquran, menggambar, azan, iqamah, Tilawah Alquran, Tahfiz Juz Amma, Kisah Islami, dan kaligrafi.

 

Tinggalkan Komentar