Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Syarat Jadi Anggota Polri, Tidak Boleh Buta Warna

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:45 WIB
calon Bintara
Seleksi calon Bintara Polri

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menegaskan untuk menjadi anggota Polri tidak boleh buta warna. Pernyataan ini menyusul adanya pemberitaan calon bintara Polri yang tidak lulus seleksi Polri.

Setiap anggota Polri menurutnya harus menjalani setiap tes salah dan harus lulus, salah satu tes yang dilalui adalah tes kesehatan mata. “Ini syarat mutlak,” ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Jika anggota Polri mengalami buta warna tentunya akan menyulitkan dalam bertugas. Seperti halnya saat mengatur lalu lintas, maka anggota Polri harus bisa membedakan lampu lalu lintas yang menyala.

“Tidak bisa membedakan lampu merah, kuning, hijau berdampak pada keselamatan yang bersangkutan dan masyarakat,” katanya.

Baca juga
21.268 TNI-Polri Kawal PON XX Papua

Sebelumnya, Fahri Fadillah Nur Rizky (21) dinyatakan tidak lulus seleksi Polri karena buta warna parsial. Fahri yang sempat mendapat peringkat 35 dari 1.200 calon siswa itu mengaku terkejut karena nomor peringkatnya diganti dengan nama orang lain.

Menanggapi hal ini, endra Zulpan menjelaskan Fahri telah mengikuti seleksi bintara Polri tiga kali sejak 2019, namun selalu gagal karena masalah buta warna.

“Pada tahun 2019, yang bersangkutan dalam uji seleksi calon Bintara tidak memenuhi syarat pada tahap pemeriksaan kesehatan dengan diagnosis buta warna parsial. Pada tahun 2020, yang bersangkutan ikut tes dan gagal dengan diagnosis buta warna parsial,” jelasnya.

Baca juga
Beda Nasib dengan Pinangki, Brotoseno Jadi Staf TIK Polri

Pada 2021, Fahri kembali mengikuti seleksi tahap 1 dan dinyatakan lolos. Namun Mabes Polri melakukan supervisi dan diketahui bahwa Fahri tidak memenuhi persyaratan sebagai siswa dengan alasan yang sama yakni buta warna parsial.

Dari temuan itu Polda Metro Jaya melakukan pendalaman dengan melakukan pemeriksaan di tempat terakreditasi dan disaksikan Kabid Dokkes dan Kabid Propam serta dari Biro SDM.

“Ini yang membuat yang bersangkutan tidak bisa mengikuti pendidikan karena ini syarat utama dari segi kesehatan bagi anggota Polri untuk tidak buta warna,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar