Syarat Vaksin Dosis Tiga Harus Punya Tiket PeduliLindungi

Syarat Vaksin Dosis Tiga Harus Punya Tiket PeduliLindungi

Sebelum jalan ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat rumah, pastikan Anda sudah memiliki syarat vaksin tiket vaksin dosis ketiga (booster) pada Aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Puskesmas Kramatjati, Inda Mutiara menjelaskan, tiket vaksin ketiga (booster) yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi adalah salah satu syarat vaksin dosis tiga.

“Kalau e-tiket (tiket) di PeduliLindungi untuk vaksin ketiga sudah terbuka, itu adalah syaratnya, maka silahkan melenggang ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata Inda Mutiara kepada INILAH.COM di Puskesmas Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu, (12/01/2022).

Selain itu, syarat vaksin dosis tiga yang perlu adalah, para calon penerima vaksin dosis tiga (booster) adalah sudah mendapatkan vaksin dosis kedua pada enam bulan lalu.

Baca juga  150 Dosis Pfizer Tersedia untuk Vaksin Booster Gratis di Kramatjati

“Vaksin dosis ketiga untuk usia 18 tahun ke atas, karena memang lansia yang sudah menjadi prioritas dan juga yang memiliki autoimun atau kelompok rentan dan sudah mendapat vaksin dosis 2 dengan jangka waktu 6 bulan lalu,” tambahnya.

Pada penyelenggaraan vaksin dosis tiga gratis ini, Puskesmas Kramatjati mengeluarkan vaksin Pfizer dan juga astrazaneca. Terdapat 150 vaksin Pfizer yang pertama kali di keluarkan Puskesmas tersebut.

Antusias para penerima vaksin booster terlihat dari para lansia yang sudah datang untuk ngantri sejak pukul 07.30 WIB.

“Kami sudah membuka sejak pukul 07.30 WIB,” papar Inda.

Sebelumnya, Presiden Umumkan Vaksin Dosis Tiga

Pemerintah memastikan vaksinasi booster atau dosis ketiga gratis untuk seluruh lapisan masyarakat dan prioritas untuk warga lanjut usia (lansia).

Baca juga  Penerima Vaksin Lengkap di Indonesia Sudah Mencapai 48,5 Juta Orang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjelaskan tak hanya lansia, kelompok rentan terpapar COVID-19 juga jadi prioritas penerima vaksinasi booster.

“Upaya ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi,” kata Jokowi.

Menurutnya, calon penerima vaksin booster adalah orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua dalam waktu enam bulan.
Pemberian vaksinasi dosis ketiga ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.

Penggunaan vaksinasi booster ini telah dapat persetujuan dari BPOM untuk lima vaksin di antaranya CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax.

Baca juga  Komunikasi Kebijakan Publik Masa Pandemi Masih Belum Baik

 

Tinggalkan Komentar