Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Tahun Ini, Jerman Setop Impor Minyak Rusia

Tahun Ini, Jerman Setop Impor Minyak Rusia
Jerman setop impor minyak Rusia

Kalau tak ada aral, pemerintah Jerman kurangi impor minyak Rusia menjadi setengahnya pada pertengahan 2022. Akhir tahun setop total.

Kepastian itu disampaikan Kementerian Urusan Ekonomi dan Perlindungan Iklim (BMWK) Jerman pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB, 26/3/2022).

Langkah ini akan disusul hingga akhir tahun yang ditargetkan tak lagi mengimpor minyak mentah asal Rusia. Dalam beberapa pekan mendatang, ktergantungan Jerman kepada minyak Rusia akan berkurang, menjadi sekitar 25 persen, melalui konversi kontrak.

“Tonggak penting pertama telah dicapai untuk membebaskan kita dari cengkeraman impor Rusia,” kata Robert Habeck, Wakil Kanselir sekaligus Menteri Urusan Ekonomi dan Perlindungan Iklim.

Baca juga
Rupiah Turut Berotot karena Redanya Ketegangan Rusia-Ukraina

Dia menambahkan, konversi kontrak minyak Rusia sedang dilakukan dengan kecepatan yang luar biasa.

Sedangkan untuk batu bara, menurut BMWK, Jerman bisa lepas ketergantungan dari Rusia saat musim gugur. Mulai April, ketergantungan negara itu pada batu bara Rusia berkurang dari 50 persen menjadi 25 persen. “Meskipun diversifikasi impor gas mengalami kemajuan, prosesnya penuh tantangan,” kata Habeck.

Pemerintah Jerman berusaha menjadi independen mendasar atas gas Rusia pada pertengahan 2024. Saat ini, Jerman mendapatkan opsi untuk tiga terminal terapung gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG). Diharapkan bisa menyediakan 27 miliar meter kubik LNG pada musim panas 2024.

Baca juga
Kekhawatiran Pasokan di Seluruh Dunia Bangkitkan Harga Minyak

“Kami bergerak maju secara konsisten sambil dengan hati-hati mempertimbangkan berbagai pilihan. Konsekuensi ekonomi dan sosial dari embargo energi terhadap Rusia akan “sangat parah,” papar Habeck.

Tinggalkan Komentar