Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Tak Ada Akses Menuju Kamp PTT, Kecuali Lewat Udara

karyawan PTT papua
TNI-Polri evakuasi korban selamat karyawan PTT (foto Antara)

Kepala Tim Operasi Damai Cartenz 2022 Kombes Muhammad Firman mengatakan lokasi penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) merupakan daerah terisolasi.

“Bila ditempuh jalan kaki, bisa sampai tiga hari. Tidak ada akses (jalan darat) ke sana, kecuali melalui udara. Selama ini mereka mengerjakan dan men-droping peralatan menggunakan helikopter,” katanya.

Dirinya menceritakan aksi pembantaian terhadap karyawan PTT baru diketahui Polda Papua pada Kamis (3/3/2022) setelah rekaman kamera pengawas memperlihatkan seorang pekerja minta tolong dan terpantau di monitor sentral PTT di Jakarta.

Seorang pekerja yang terpantau meminta tolong tersebut merupakan korban selamat bernama Nelson Sarira dan telah dievakuasi ke Timika pada Sabtu (5/3/2022) kemarin.

Baca juga
Ratusan WNI Ajukan Kehilangan Kewarganegaraan

“Faktor cuaca juga memengaruhi, sehingga kami agak terlambat. Tapi kami bersyukur bahwa korban selamat sudah bisa dievakuasi ke Timika,” ujarnya.

Sementara itu, delapan rekan Nelson yang juga merupakan karyawan PT PTT dinyatakan meninggal dunia setelah diserang anggota KKB pada Rabu (2/3/2022) dini hari.

Delapan korban tersebut ialah Bona Simanulang, Renal Tentua Tagasye, Bili Galdi Balion, Jamaludin, Sharil Nurdiansyah, Eko Septiansyah, Bebei Tabuni, dan Ibo.

Evakuasi terhadap delapan korban meninggal dunia tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Tinggalkan Komentar