Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Tak Ada Lonjakan Penumpang Kereta Api di Libur Akhir Tahun Baru

Minggu, 26 Des 2021 - 16:22 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Tak Ada Lonjakan Penumpang Kereta Api di Libur Akhir Tahun Baru

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat tak ada lonjakan penumpang kereta api di musim liburan akhir Tahun baru 2022.

Jumlah penumpang kereta api di musim liburan akhir Tahun baru 2022 masih landai dan terbilang normal hingga saat ini.

“Memang semua masih ada di dalam jangka penumpang normal. Tidak ada kenaikan maupun penurunan yang signifikan di masa Natal dan tahun baru ini,” kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Minggu (26/12/2021).

Eva menyebutkan jumlah penumpang yang menggunakan kereta api pada Minggu (26/12), ada sebanyak 3.000 orang saja. Jumlah itu, sedikit turun jika melihat data pada hari Natal (25/12) lalu yang jumlah penumpangnya sebanyak 3.500 orang.

Baca juga
Foto: Terapkan Wajib Booster, Okupansi KA Jarak Jauh Masih Tinggi

Tak Ada Lonjakan Penumpang di Stasiun Pasar Senen

Hal yang sama, kata dia, juga terjadi pada jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen. Jumlah penumpang pada hari ini ada sekitar 4.000 orang, menurun dari jumlah saat Natal yang berkisar 5.800 orang.

Penurunan jumlah penumpang itu, membuat situasi di kedua stasiun lebih lenggang dan sepi dari biasanya. Bahkan terdapat beberapa kursi yang kosong karena kepadatan tak terjadi seperti biasanya.

Menurut Eva, turunnya jumlah penumpang itu terjadi karena adanya penyesuaian jam operasional kereta api. Hal ini karena mengikuti kondisi selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Baca juga
Foto: KAI Dukung Peningkatan Kompetensi Pewarta Foto Indonesia

KAI Daop 1 hanya mengoperasikan sekitar 48 kereta api per harinya secara total dalam libur Natal dan Tahun Baru.

“Jumlah kereta api yang kita siapkan, juga sudah melalui sejumlah prediksi dari data penumpang pemesanan tiket dan juga penyesuaian di masa pandemi,” kata dia.

Kemudian dia membeberkan, untuk kota tujuan jarak jauh yang menjadi favorit adalah DI Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Surabaya dan Malang. Sedangkan pada jarak sedang, Bandung dan Cirebon menjadi kota yang paling banyak dikunjungi.

Sedangkan saat menanggapi banyaknya jumlah penumpang menjelang akhir tahun, Eva menyebutkan apabila melihat data pemesanan tiket kereta api sampai dengan tanggal 31 Desember 2021 mendatang, jumlah penumpang masih berada pada kisaran yang terbilang normal, yakni 3.000 sampai 4.000 penumpang.

Baca juga
Liburan Nataru, Orang Tua Utamakan Keselamatan jangan Eksploitasi Anak

“Jadi kita masih bisa mengatakan jumlah tersebut masih terbilang normal, seperti itu,” ucap Eva.

Tinggalkan Komentar