Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Tak Hanya di Pilpres, Kerja Sama KIB akan Berlanjut di Pilkada Serentak 2024

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:04 WIB
KIB Capres Sekjen PAN - inilah.com
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno - dok DPR

Kerja sama politik dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tak hanya akan dirajut dalam memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, koalisi ini juga akan berlanjut di perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan Pemilihan legislatif (Pileg).

“Kerja sama KIB dijalin tidak hanya sebatas Pilpres, ada pekerjaan besar Pilkada. Kami juga akan mereplikasi lanjutan koalisi tentu hal ini akan dijalankan seterusnya saat Pilkada,” kata Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022).

Jalinan koalisi KIB merupakan tradisi baru bagi praktik politik Indonesia. Sebab, poros koalisi dibentuk jauh hari sebelum perhelatan Pemilu dimulai.

Baca juga
Kempit Laba Bersih Rp3,03 Triliun, Ini Target Harga Fundamental Saham BRIS

“Kerja sama dalam Pemilu itu kita saling sepakat soal lebih awal dalam membentuk kerja sama dalam koalisi. Ini merupakan tradisi baru agar koalisi tak selalu ditentukan di menit akhir jelang Pemilu,” ujarnya.

Terkait kerja sama KIB dalam perhelatan pemilihan legislatif, secara internal partai politik memiliki kewenangan dalam menentukan calon anggota legislatif dan kriterianya.

“Kita harus saling menunjang dan mendukung agar seluruh kontestasi berbuah hasil positif. Kerjasama dalam Pileg, salah satunya kita saling sepakat berjanji gentleman agreement. Seperti halnya kita membangun kesepakatan, jangan menarik Caleg dari sesama parpol di lingkaran koalisi. Hal itu justru bisa disepakati agar Pileg lebih produktif demi kepentingan bersama,” tandasnya. [fad]

Tinggalkan Komentar