Rabu, 07 Desember 2022
13 Jumadil Awwal 1444

Tak Jadi Dicabut, Pemerintah Akan Uji Coba Harga Tiket Baru Masuk TN Komodo

Senin, 15 Agu 2022 - 20:10 WIB
Tak Jadi Dicabut, Pemerintah Akan Uji Coba Harga Tiket Baru Masuk TN Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo/Foto:ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, akan ada uji coba penerapan tiket masuk Taman Nasional (TN) Komodo sebesar Rp3,75 juta, sebelum resmi diterapkan 1 Januari 2023.

Sandiaga menilai, saat ini, pemerintah tengah melakukan perbaikan komunikasi agar kegiatan konservasi dan pemulihan ekonomi di wilayah tersebut bisa berjalan beriringan.

“Kita ingin sebelum diberlakukan (sistem tiket baru) ada trial atau uji coba sehingga memberikan kesempatan bagi para stakeholder mencoba sistem baru ini. Ini nanti akan kita siapkan, tinggal diumumkan periode uji cobanya sebelum 1 Januari 2023,” kata Menteri Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca juga
Menparekraf: Libur Lebaran Diharapkan Mampu Dongkrak Pariwisata

Dia mengatakan, saat ini, semua pihak telah cukup memahami dan mendukung landasan utama pemerintah untuk meningkatkan aspek kualitas dan keberlanjutan (quality and sustainability) di sektor pariwisata. “Ternyata dengan komunikasi yang lebih baik, kita bisa menyampaikan niat kita seusai dengan arahan Presiden agar upaya konservasi dan pemulihan ekonomi dilakukan secara beriringan,” katanya.

Sandiaga juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan perbaikan sistem untuk menjaga upaya konservasi dan pemulihan ekonomi terus berjalan. Hal itu pun termasuk diseminasi informasi terkait penggunaan sistem yang baru, salah satunya penerapan tiket masuk.

Kebijakan tiket masuk Taman Nasional Komodo sebesar Rp3,75 juta resmi ditunda hingga 2023 mendatang.

Baca juga
Sandiaga Ingin Pamerkan Produk Ekonomi Kreatif Halal Indonesia di KTT G20

Menurut Sandiaga, setelah kebijakan tersebut diputuskan untuk ditunda, aktivitas pariwisata di Labuan Bajo kini kembali normal. Ia menuturkan pemerintah terus mencatat dan menampung aspirasi publik agar transisi menuju tarif baru di 2023 nanti bisa berjalan mulus.

“Kita pastikan solusi terbaik dalam upaya konservasi dan pemulihan ekonomi secara beriringan,” katanya.

Harga tarif masuk Taman Nasional Komodo masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Kehutanan, yaitu sekitar Rp150 ribu.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu menambahkan bahwa kini situasi di Labuan Bajo sudah kondusif.

Baca juga
Luhut Sebut Tiket Masuk Borobudur Rp750 Ribu untuk Turis Lokal belum Final

“Kemenparekraf dan stakeholder terkait juga akan menyusun mekanisme dan pengawasan pelaksanaan komunikasi publik sehingga meminimalisir miskomunikasi di media dan masyarakat,” katanya.[ipe]

Tinggalkan Komentar